Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksin PMK Mulai Disuntikkan ke Hewan Ternak

Vaksin PMK Mulai Disuntikkan ke Hewan Ternak
dokter hewan nampak menyuntik sapi yang terpapar PMK (Dok. Mentan)

MURIANEWS, Jakarta – Vaksin untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang merupakan impor dari Prancis sudah datang di Indonesia. Mulai hari ini, Selasa (14/6/2022) akan disuntikkan kepada hewan ternak sebanyak 10 ribu dosis.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan, sesuai dengan rencaa awal, vaksin datang tepat waktu. Sehingga hari ini langsung dimulai penyuntikan.

“Tentu ini hal yang sangat menggembirakan bagi kami, karena upaya yang kita siapkan berjalan sesuai jadwal. Sesuai janji Kami vaksin akan tiba di minggu kedua Juni 2022,”  katanya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (14/6/2022).

BacaWabah PMK Meluas, Kementan Impor vaksin 3 Juta Dosis

Ia mengatakan setelah kedatangan itu, vaksin dengan jumlah total 800 ribu dosis akan tiba kembali tiba dalam beberapa hari ke depan. Vaksin akan didistribusikan sesuai kebutuhan daerah dengan memperhatikan peta sebaran PMK saat ini.

Vaksin secara bertahap akan disuntikkan pada hewan ternak di sumber pembibitan sapi perah rakyat dan koperasi susu. Selain itu vaksin juga akan disuntikkan pada ternak sapi potong di daerah berisiko tinggi.

“Untuk hari ini, penyuntikan perdana kami lalukan dari Jakarta Timur, selanjutnya secara serentak di daerah lainnya,” imbuh Kuntoro.

Kuntoro juga menegaskan saat ini pemerintah sangat fokus dan serius menangani PMK. Pihaknya juga meminta masyarakat tidak panik soal ketersediaan hewan kurban.

“Stok sapi kita cukup. Begitu pula kambing dan domba dalam kondisi sangat cukup. Ikhtiar kita untuk rakyat dan peternak sangat kuat. Kami mohon dukungannya,” ujarnya.

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...