Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Power Bank Bisa Terbakar dan Meledak yang Penting Diketahui

Ini Penyebab Power Bank Bisa Terbakar dan Meledak yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi power bank (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Power bank saat ini menjadi kebutuhan utama bagi sebagian pemilik handphone, Alat ini adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan energi listrik ke dalam baterai yang bisa diisi ulang tanpa harus menghubungkan pada listrik.

Keberadaan power bank sangat dibutuhkan ketika dalam kondisi tertentu yang membuat kesulitan untuk mendapatkan aliran listrik. Misalnya, saat listrik padam atau dalam perjalanan.

Saat menggunakan power bank sebaiknya perlu hati-hati. Pasalnya, sudah ada kejadian power bank yang meledak hingga terbakar saat diisi daya.

Baca juga: Ngecas Handphone Jangan Asal Colok, Ini Cara yang Benar Biar Baterai Awet

Kenapa hal ini bisa terjadi? Melansir Solopos.com dari Nextren.grid.id, karena power bank pada umumnya menggunakan baterai jenis Lithium Ion atau Lithium Polymer, di mana Lithium Ion adalah jenis yang lebih murah.

Baterai jenis Lithium yang digunakan pada power bank biasanya terdiri dari dua jenis material, yaitu anode dan cathode. Keduanya dipisahkan dengan cairan yang mengalirkan listrik.

Cara kerjanya adalah, ketika baterai diisi ulang, listrik akan membuat partikel dari cathode mengalir melalui cairan pemisah tadi dan masuk menuju anode.

Ketika baterai habis, partikel yang berada di anode kembali ke cathode. Begitu terus proses tadi berlangsung setiap kali proses isi ulang baterai dilakukan.

Lithium Polymer yang digunakan pada power bank memiliki bahan dan partikel yang lebih kuat menghadapi panas, namun tidak demikian halnya dengan Lithium Ion yang lebih murah.

Namun, biasanya produsen power bank menyertakan alat pencegah terhadap panas berlebih ataupun arus pendek yang bisa memicu reaksi berantai di dalam baterai tersebut.

Sayangnya, tidak semua produsen power bank memberikan alat pencegah tersebut, karena komponen tersebut akan menambah biaya yang berdampak pada tingginya harga power bank tersebut.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...