Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Mengentalkan Saus yang Perlu Diketahui dan Dicoba

Ini Cara Mudah Mengentalkan Saus yang Perlu Diketahui dan Dicoba
Foto: Ilustrasi mengentalkan saus (Gambar oleh Catkin dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mengentalkan saus terkadang perlu dilakukan untuk dipakai pada beberapa jenis masakan. Untuk itu diperlukan bahan pengental membantu meningkatkan kepadatan dari cairan tanpa terlalu banyak mengubah profil rasa.

Meski demikian, dalam mengentalkan saus ini tidak boleh asal-asalan. Hal ini diperlukan agar kekentalan saus mendapat konsistensi yang tepat.

Melansir Kompas.com dari The Spruce Eats, berikut ini adalah empat cara mengentalkan saus yang bisa diikuti.

Baca juga: Cari Tempat Kuliner Legendaris di Boyolali? Ini Rekomendasinya

1. Masak Saus Selama 10 Menit dengan Api Kecil

Cara pertama agar konsistensi saus tepat adalah dengan membiarkan pemasakannya terus berlangsung. Tapi pemasakan ini dilakukan dengan menggunakan api kecil agar tidak mengering atau gosong. Proses ini dikenal dengan reducing, sementara cara memasaknya dikenal dengan semutan simmering.

Selanjutnya biarkan saus mendidih di panci yang terbuka agar cairan berlebih bisa menguap. Masak saus selama kurang lebih 10 menit hingga mengental. Periksa berkala untuk mendapat konsistensi saus yang diinginkan.

2. Gunakan Maizena untuk Mengentalkan Saus

Agar saus dapat mengental, biasanya dengan menggunakan maizena. Pati jagung juga bisa digunakan untuk mengentalkan saus, dari saus manis hingga gurih.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampur maizena dengan sedikit air dingin, lalu aduk merata hingga seperti bubur dan campurkan ke dalam saus yang sudah mendidih. Maizena juga dapat membuat saus terlihat lebih mengilap dari biasanya.

3. Campur Saus dengan Terigu

Selain maizena, terigu juga bisa dimanfaatkan untuk mengentalkan saus. Umumnya terigu lebih dulu diolah mejadi roux untuk mengentalkan aneka saus seperti hollandaise, bearnaise, dan mayones. Roux adalah campuran lemak dan tepung yang dimasak sebentar, kemudian dicampur ke dalam cairan.

Tepung halus nantinnya akan menyerap cairan dalam saus sehingga dapat membuat tekstur saus jadi lebih kendal. Roux dimasukkan di awal pembuatan saus, lalu dimasak sambil sesekali diaduk hingga mengental.

4. Manfaatkan Kuning Telur

Tips terakhir untuk mengentalkan saus dapat menggunakan kuning telur. Tapi tidak semua saus dapat dikentalkan dengan kuning telur.

Biasanya hanya saus yang menggunakan kuning telur yang bisa dikentalkan dengan bahan ini, seperti hollandaise, bearnaise, dan mayones. Caranya dengan mencampurkan kuning telur dengan krim kental kemudian masukkan ke dalam saus yang tengah dimasak hingga mengental.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...