Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perhatikan Hal-Hal Berikut ini saat Mengikuti Walking Tour biar Liburan Makin Asyik

Perhatikan Hal-Hal Berikut ini saat Mengikuti Walking Tour biar Liburan Makin Asyik
Foto: Ilustrasi wisata ke luar negeri (Gambar oleh TravelCoffeeBook dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Walking tour adalah salah satu model berwisata yang saat ini makin diminati. Konsep wisata ini adalah dengan jalan kaki menyusuri beragam destinasi.

Wisata walking tour ini disisi lain juga berdampak baik bagi Kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti walking tour biar liburan lebih asyik.

Ada saja? Berikut tips-nya, seperti dilansir dari Detik.com.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Tur Wisata ke Luar Negeri yang Perlu Diketahui

Pilih Rute Walking Tour yang Sesuai

Tak sedikit operator walking tour yang menawarkan beragam rute dan destinasi wisata. Carilah rute walking tour dengan destinasi yang diinginkan dan anggaran yang disiapkan.

Agar tidak kelelahan, sesuaikan rute perjalanan sesuai kemampuan anda. Rute yang beragam dan jarak tempuh yang berbeda-beda, pilih rute walking tour yang sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Perhatikan Jadwal Walking Tour

Bagi anda yang akan mengikuti walking tour, sebaiknya pilih jadwal sesuai hari libur. Karena meski perkiraan tur memakan waktu 2-3 jam, kemungkinan jadwal akan dapat berubah tergantung situasi dan kondisi saat tur.

Tur bisa saja lebih lama jika di tengah perjalanan turun hujan. Oleh karenanya, pilihlah jadwal yang leluasa agar tidak terbebani rutinitas sehari-hari.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Sesuai namanya, walking tour adalah wisata dengan jalan kaki. Agar dapat mengikuti tur wisata ini dengan nyaman, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan cuaca dan praktis agar tidak menyulitkan saat berjalan.

Pilihan Alas Kaki

Umumnya walking tour memakan waktu 2-3 jam yang juga tidak menjamin jalan selalu mulus. Karenanya wisatawan yang akan mengikuti tur disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan aman untuk berjalan.

Bawa Payung atau Topi

Saat mengikuti walking tour, cuaca terkadang tidak dapat diprediksi. Sedia payung atau topi juga disarankan untuk menghindari panas dan hujan. Selain topi atau payung, agar mata tidak terkena terik sinar matahari langsung, wisatawan disarankan membawa kacamata hitam.

Sediakan Air Minum

Walau tidak terlalu jauh, tapi mengikuti tur wisata dengan jalan kaki tentu mengurasi energi. Terutama jika tur dilakukan di tengah cuaca panas. Peserta tur disarankan membawa air agar terhidar dari dehidrasi saat berjalan di bawah terik matahari. Untuk menghindari kemungkinan tidak adanya penjual minuman, wisatawan sebaiknya membawa air minum dari rumah.

Persiapkan Handphone

Handphone saat ini tak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari, termasuk saat mengikuti walking tour. Agar tidak merepotkan, jangan lupa untuk mengisi baterai handphone sebelum mengikuti tur. Selain berguna untuk mendokumentasikan momen selama tur berlangsung, HP juga berperan penting untuk berkomunikasi dengan sesama peserta atau panitia tur. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terpisah dari rombongan dapat langsung berkomunikasi dengan peserta atau panitia tur.

Bawa Uang tunai

Saat berwisata tentu akan membeli paling tidak minum atau makanan saat melewati kawasan wisata kuliner. Untuk berjaga-jaga, wisatawan dapat menyiapkan uang kecil untuk membeli makanan atau minuman yang diinginkan. Uang tunai lebih disarankan karena tidak semua lokasi rute walking tour tersedia opsi cashless.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: travel.detik.com

Comments
Loading...