Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Teliti Edible Film, Siswa MAN 1 Kudus Sabet Juara III GYSTB Hongkong 2022

Teliti Edible Film, Siswa MAN 1 Kudus Sabet Juara III GYSTB Hongkong 2022
Foto: Gedung MAN 1 Kudus (man01kudus.sch.id)

MURIANEWS, Kudus – Prestasi cukup membanggakan diraih siswa MAN 1 Kudus, Jawa Tengah di ajang GYSTB (Global Youth Science and Technology Bowl) Hongkong 2022. Di mana, dalam ajang ini, tim riset siswa MAN 1 Kudus berhasil meraih juara III.

Tim riset MAN 1 Kudus ini beranggotakan dua siswa kelas XI MIPA 7. Yakni, Muhammad Ibriza Khoirul Wafa dan Muhammad Zulfan.

GYSTB adalah ajang kompetisi sains dan inovasi karya ilmiah tingkat internasional yang diselenggarakan The Hong Kong Federation of Youth Groups. Event ini diikuti oleh ilmuan muda se-dunia.

Baca juga: MTs Negeri 1 Pati Borong 19 Medali di Ajang International Youth Science Olympiad

Setelah melalui seleksi yang panjang, terpilihlah 81 peserta dari berbagai negara termasuk Indonesia, Filipina, Polandia, Vietnam, Canada, UEA, Meksiko, Macau, Singapura, Qatar, Georgia, South Africa, Ukraine, Swedia, Irlandia, Hongkong, Thailand, China, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, India, Filipina, Turki, Irian, Africa, USA, dan Rusia.

Karena pandemi Covid-19, kompetisi ini diadakan secara online pada 10 – 12 Juni 2022. Ibriza dan Zulfan menampilkan riset Biologi yang berjudul ‘Edi Berseri: Edible Film Berteknologi Sensor Kesegaran Ikan Berbasis Indikator Antosianin Parijoto’.

Ibriza mengisahkan bahwa masuknya tim MAN 1 Kudus ini melalui seleksi yang diadakan oleh ISPO. ISPO merupakan sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer. Kegiatan ini diperuntukan bagi para generasi muda Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.

“Riset ini sebelumnya juga meraih medali perak di ajang ISPO 2022. Atas pencapaiannya, Tim Riset MAN 1 KUDUS direkomendasikan kembali mengikuti GYSTB 2022 dan meraih third prize atau juara III,” terang Ibriza, dikutip dari laman Kementerian Agama, Senin (13/6/2022).

Menurut Ibriza, Edible film merupakan plastik pembungkus makanan yang ramah lingkungan. Namun edible yang dibuat oleh tim riset MAN 1 Kudus berbeda pada umumnya karena dilengkapi dengan sensor kesegaran ikan berbasis antosianin parijoto.

“Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan fungsi kemasan sehingga kemasan tidak hanya berfungsi untuk melindungi namun juga dapaat memberikan informasi mengenai kondisi kesegaran produk di dalamnya serta memudahkan produsen dan konsumen untuk mengetahui kondisi kesegaran ikan,” kata Zulfan.

Pada penelitian yang sudah dilakukan, keduanya menemukan formula edible film terbaik pada Formula B. Formula B memiliki ketebalan yang tipis, Transmisi uap air rendah (efektif terhadap pengupan produk), kelarutan yang rendah (tidak mudah larut jika terkena air) dan memiliki mean RGB tertinggi pada mean green.

“Kami berharapan penelitian ini ke depan bisa dikembangkan secara luas dan mempunyai dampak bagi masyarakat. Kami juga berharap bisa mengembangkan penelitian-penelitian yang lain bersama siswa MAN 1 Kudus,” kata Ahmad Edi Darmawan selaku Guru Pembimbing.

Kepala MAN 1 KUDUS Suhamto bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi internasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi, meskipun kondisi pandemik.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenag.go.id

 

Comments
Loading...