Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

AC Mobil Tak Bikin Dingin, Coba Periksa Bagian Ini

AC Mobil Tak Bikin Dingin, Coba Periksa Bagian Ini
Foto: Ilustrasi AC mobil (Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Dalam mobil saat ini, AC menjadi perangkat penting yang tidak boleh sampai dilewatkan. Keberadaan AC di dalam mobil memang cukup esensial, terlebih saat cuaca sedang panas.

Komponen AC mobil sendiri sangat beragam. Salah satunya yang sering dibicarakan orang adalah freon.

Freon atau refrigeran merupakan komponen penting pada sistem AC mobil yang bersirkulasi pada seluruh saluran dibantu oleh kompresor. Tugas dari freon adalah sebagai refrigerant. Dapat dikatakan bahwa freon merupakan sebuah gas khusus yang umumnya memiliki suhu normal yang dingin.

Baca juga: Mobil Listrik MINI Electric Hadir di Indonesia, Harganya Hampir Rp 1 Miliar

Sebelum freon melalui proses pendinginan, suhunya sudah mencapai angka 0 derajat celcius. Penggunaan freon dalam AC mobil ini didasarkan pada kemampuannya dalam menahan radiasi panas yang lebih baik.

Freon merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai cairan untuk menyerap panas dari udara di ruangan sehingga suhu menjadi lebih rendah. Kemudian diolah dalam bentuk gas, freon juga tidak berwarna maupun berbau.

Mengutip dari id.motor1.com, AC mobil bekerja saat ada udara masuk ke evaporator yang bertugas menyaring udara di mobil agar tidak ada benda masuk ke dalam. Selanjutnya  udara yang masuk ke AC mobil akan mengenai dan didinginkan oleh freon.

Setelah itu udara kembali didorong keluar oleh kompresor. Karena sudah disaring dan didinginkan oleh freon, udara yang dihembuskan kompresor ke kabin mobil terasa lebih sejuk dari sebelumnya,

Namun sering dijumpai freon mengalami kebocoran sehingga membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

Bocornya freon AC mobil terdapat salah satu penyebab utamanya. Melansir dari Gridoto.com, salah satu penyebab utamanya adalah adanya kebocoran di bagian sil karet pipa saluran freon.

Sil karet berada di pipa kompresor yang berfungsi sebagai perapat agar freon tidak bocor. Karena usia pemakaian, komponen ini dapat getas dan rusak.

Rusaknya sil karet dapat berakibat freon mudah keluar dan bocor. Umumnya kebocoran freon terjadi secara halus dan keluar sedikit demi sedikit.

Pengecekan secara menyeluruh perlu dilakukan pada AC mobil guna menghindari kebocoran kecil pada freon. Jika freon pada AC mobil terkuras habis, maka dipastikan AC tidak mobil tidak akan dingin seperti yang diinginkan.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: id.motor1.com, gridoto.com

Comments
Loading...