Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kontingen Kota Semarang Raih Juara Umum Forda Jateng 2022 di Banyumas

Kontingen Kota Semarang Raih Juara Umum Forda Jateng 2022 di Banyumas
Foto: Pembukaan Forda Jateng 2022 di Banyumas (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Banyumas Ajang Forda atau Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2022 resmi berakhir, Minggu (13/6/2022). Pelaksanaan Forda Jateng 2022 dilangsungkan di kompleks GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Dalam ajang ini, kontingen Kota Semarang berhasil meraih juara umum Forda Jateng 2022. Kota Semarang berhasil mendapat skor 135 dengan torehan 13 piala juara I, 9 piala juara II dan 4 piala juara III.

Urutan kedua ditempati Kabupaten Temanggung yang dapat skor 69 dengan torehan 7 piala juara I, 3 piala juara II dan 4 piala juara III. Untuk peringkat ketiga diduduki tuan rumah Kabupaten Banyumas yang meraih skor 67 dengan torehan 3 piala juara I, 7 piala juara II dan 9 piala juara III.

Baca juga: Forda Jateng 2022 di Banyumas Resmi Digelar, 2.400 Atlet Ikut Ambil Bagian

Di urutan keempat ditempati Kota Magelang yang dapat skor 40 dengan torehan 4 piala juara I, 2 piala juara II dan 2 piala juara III. Peringkat kelima diduduki Kabupaten Grobogan yang dapat skor 29 dengan torehan 1 piala juara I, 4 piala juara II dan 3 piala juara III. 

Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jateng RR Maria Tri Mangesti mengatakan, event yang dijadwalkan berlangsung tiap tahun ini diikuti atlet dari 35 kabupaten/ kota se-Jateng. Terdata, ada sekitar 2.400 atlet yang ambil bagian dalam Forda 2022 di Banyumas ini.

“Jumlah kontingen tercatat ada sekitar 2.400 atlet. Mereka berasal dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. Jadi, semua kabupaten/ kota ikut Forda 2022 ini,” kata Maria pada wartawan, seusai membuka acara Forda Jateng.

Menurutnya, Forda Jateng adalah lomba olahraga rekreasi masyarakat. Yakni, olahraga tradisional dan kreasi budaya, olahraga kesehatan dan kebugaran, serta olahraga petualangan tantangan dan eksibisi. Dua tahun sebelumnya, even Forda tidak digelar karena ada pandemi Covid-19.

Ada belasan jenis olahraga (jenor) yang dipertandingkan dalam Forda 2022. Adapun atletnya berasal dari anak hingga lanjut usia. Para peserta sebagian besar mengikuti event ini secara mandiri untuk berolahraga dan menjalin silaturahmi.

Pihaknya berharap, ke depan olahraga rekreasi ini bisa lebih dikenal masyarakat. Setelah Forda, rencananya akan dilangsungkan event Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di Palembang bulan Juli 2022.

“Atlet yang meraih berprestasi di Forda Jawa Tengah 2022 akan berkesempatan ikut Fornas di Palembang bulan depan,” sambungnya.

Sekretaris Umum KORMI Jateng Edi Purwanto menambahkan, jenis olahraga kesehatan dan kebugaran yang dipertandingan antara lain, senam jantung sehat, seban tera, senam sehat Indonesia, senam aerobik, senam pernafasan, SKJ, dan tonnis.

Kemudian untuk olahraga tradisional dan kreasi budaya ada hadang, egrang, terompah panjang, tarik tambang, silat budaya, dan liong barongsai.

Sedangkan untuk olahraga petualangan dan tantangan antara lain IESPA elektronik sport, air softgun, panco. Selanjutnya ada kejuaraan pendukung dan eksebisi, yakni drumband, yoga, dan jemparingan.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...