Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Marak Penipuan Perbankan, Jangan Mudah Beri Kode OTP

Ilustrasi (Freepik)

MURIANEWS, Kudus — Penipuan yang mengatasnamakan perbankan kembali terjadi dan mengatasnamakan BRI. Pihak BRI mengimbau agar nasabah berhati-hati.

Ikwan Darmawan, Pemimpin Cabang BRI Kudus mengimbau agar nasabah berhati-hati terhadap beragam jenis penipuan. Salah satunya mengenai On Time Password (OTP).

Menurutnya, pihak BRI tidak pernah meminta kode OTP dan password ATM milik nasabah.

”Bank BRI tidak pernah meminta konfirmasi password maupun meminta OTP kepada nasabah. Karena hal itu sifatnya rahasia. Tidak boleh ada yang tahu kecuali nasabah itu sendiri,” katanya, Senin (13/6/2022).

Ikwan mengingatkan agar nasabah berhati-hati. Bahkan mempersilakan untuk melakukan konfirmasi ke BRI terdekat jika ada informasi yang mengarah ke penipuan.

”Silahkan konfirmasi ke bank BRI dulu. Zaman sekarang kan sudah canggih. Bisa dicek di media sosial yang asli, misalnya ada centang birunya. Selain itu bisa hubungi call center bank BRI. Kalau masih ragu silahkan bertanya ke bank BRI terdekat,” tandasnya.

Baca: Hoaks, Biaya Transaksi BRI Jadi Rp 150 Ribu

Diberitakan sebelumnya, media sosial ramai dibicarakan tentang beredarnya surat edaran tentang biaya transaksi BRI yang awalnya Rp 6.500 per transaksi diganti dengan biaya yang baru sebesar Rp 150.000 per bulan (autodebet dari tabungan).

Pihak bank BRI juga memberikan klarifikasi hal ini salah satunya melalui media sosial kanal Instagram @bankbri_id. Akun instagram tersebut sudah memiliki centang biru atau terverifikasi dari pihak instagram.

Tertera dipostingan tersebut surat edaran yang berupa hoaks perihal perubahan biaya transaksi BRI menjadi Rp 150 ribu per bulan. Penjelasan lebih detail disampaikan lewat caption postingan tersebut.

Pada caption tertulis, “PERHATIAN BUAT SOBAT BRI DI SINI. sehubungan beredarnya kabar bahwa ada perubahan biaya transaksi BRI menjadi Rp150 ribu per bulan, bisa dipastikan kalo itu HOAKS, ya…,” tulis caption tersebut.

Kemudian di bagian caption berikutnya tertulis:

”Waspadai terhadap oknum yang menghubungimu mengatasnamakan BRI. Nomor WhatsApp resmi BRI hanya 0812-1214–017 dan website resminya hanya https://ib.bri.co.id. Selain itu, bisa dipastikan PALSU”.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...