Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berkelakuan Baik, 22 Napi Lapas Pati Dapat Layanan Integrasi

Berkelakuan Baik, 22 Napi Lapas Pati Dapat Layanan Integrasi
Gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 22 warga binaan pemasyarakatan atau narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati mendapatkan layanan integrasi. Mereka mendapatkannya karena dinilai berkelakuan baik.

Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Pati, Krismiyanto mengatakan 22 itu mendapatkan layanan Integrasi tersebut dalam kurun waktu Januari hingga awal Juni 2022.

Selain berkelakuan baik, para napi itu juga telah memenuhi syarat administrasi. Layanan integrasi yang diberikan yakni, mendapat cuti menjelang bebas, pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat.

Baca: Pendirian Toko Modern di Pati Bakal Disetop

Dengan mendapatkan layanan integrasi itu, 22 napi tersebut bisa berkumpul dengan keluarga sebelum masa hukumannya habis.

”Kami melaksanakan integrasi itu untuk warga binaan yang berkelakuan baik dan sedang tidak punya perkara lain, tidak menjalani sanksi pelanggaran Lapas dan sudah menjalani 2/3 masa pidana. Dari Januari sampai Juni kami 22 orang diintegrasikan,” ujar Kris, pekan lalu.

Selain berkelakuan baik, program integrasi ini juga diberikan kepada para Narapidana yang telah menjalani 2/3 hukuman namun tidak berkesempatan mendapatkan program asimilasi rumah selama masa pandemi Covid-19.

”Ada beberapa napi kasus tertentu yang tidak bisa dapat asimilasi seperti pelaku kasus Pasal 81 tentang perlindungan anak, pencurian dan kekerasan, narkotika pidana diatas 5 tahun, teroris, dan Tipikor,” imbuh Kris.

Lanjut Kris, bagi napi yang mendapatkan Layanan Integrasi diwajibkan lapor setiap bulannya termasuk harus meminta izin kepada Lapas jika ingin bekerja.

Di samping itu, program layanan integrasi dapat mengurangi kapasitas Lapas Kelas IIB Pati yang overload. Di mana, saat ini kapasitas Lapas Pati mencapai 343 orang. Sementara, kapasitas maksimal 197 orang.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...