Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Baru Dua Pegawai Honorer Pemkab Kudus Lolos PPPK

Ilustrasi: Apel ASN di lingkungan Pemkab Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat baru ada dua pegawai honorer daerah yang bisa beralih status menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dalam beberapa tahun ini.

Padahal, jumlah pegawai honorer teknis di lingkungan Pemkab Kudus berjumlah sebanyak seratusan orang.

”Kalau yang teknis, di bawah Pemkab Kudus baru ada dua memang yang sudah berlalih status PPPK melalui seleksi kemarin,” kata Kabid Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai BKPP Kudus Hendro Muswinda, Senin (13/6/2022).

Pemkab Kudus sendiri, lanjut Hendro, pada tahun ini mengusulkan pembukaan lowongan PPPK di formasi yang sebagian pegawai honorer tempati. Hanya saja pihaknya belum tahu apakah nanti akan disetujui kementerian atau tidak.

”Aturannya kan kami mengajukan formasi kepada Kemenpan-RB. Nah nanti mereka yang menyutujui apakah lowongan itu dibuka atau tidak,” sambungnya.

Baca: Nasib Pegawai Honorer Pemkab Kudus Belum Jelas

Dia menambahkan, pemerintah daerah sendiri sejatinya waswas dengan penghapusan tenaga honorer atau sejenisnya. Pasalnya, banyak posisi yang tidak bisa terkover di PPPK maupun CPNS telah diisi tenaga kerja dari honorer mauapun pegawai kontrak.

”Kalau nanti dihapuskan kami juga agak takut roda pemerintahan kurang berjalan lancar karena minimnya sumber daya manusia,” pungkasnya.

Sebagaian besar pegawai honorer daerah (PHD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah juga dimungkinkan tak bisa mengikuti seleksi.

Baca: Separuh Lebih Honorer Pemkab Kudus Tak Bisa Ikuti PPPK, Kenapa?

Hal tersebut dikarenakan banyak dari pegawai honorer Pemkab Kudus terganjal di klasifikasi pendidikan. Pemkab Kudus sendiri, memiliki seratusan pegawai honorr.

Dari jumlah tersebut, ada sejumlah pegawai yang bisa mengikuti seleksi PPPK karena masuk kriteria pelamar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...