Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Operasi Patuh 2022, Kebut-Kebutan di Jalan Raya Bisa Dipenjara dan Didenda Rp 3 Juta

Operasi Patuh 2022, Kebut-Kebutan di Jalan Raya Bisa Dipenjara dan Didenda Rp 3 Juta
Ilustrasi Balap Liar

MURIANEWS, Jakarta – Korlantas Polri mulai hari ini (13/6/2022) melakukan operasi patuh 2022 dengan delapan sasaran. Salah satu yang menjadi sasarannya adalah kebut-kebutan di jalanan atau balap liar.

Balap liar menjadi perioritas dalam penindakan lantaran bisa membahayakan pengguna jalan lain. Kemudian, balap liar juga tidak diperbolehkan dalam regulasi yang ada.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) balap liar merupakan salah satu tindak pidana.

Baca: Operasi Patuh 2022, Menggunakan HP Saat Mengemudi Didenda Rp 750 Ribu 

Bahkan dalam pasal 297 juncto pasal 115 huruf b, bagi pengguna jalan yang diketahui melakukan balap liar atau kebut-kebutan dapat dipidana penjara paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 3 juta.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan bahwa pelaksanaan Operasi Patuh berlangsung secara serentak di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Baca: Operasi Patuh 2022, Penilangan Hanya Lewat ETLE

Operasi Patuh 2022, dijadwalkan berlangsung selama 14 hari yakni mulai Senin ,13 Juni hingga MInggu, 26 Juni 2022.

”Iya, betul serentak dilaksanakan seluruh Indonesia,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Sementara untuk mekanisme Operasi Patuh 2022 imbuhnya dilakukan melalui dua cara, yakni penilangan dan peneguran. Penilangan sendiri tidak akan dilakukan oleh petugas, melainkan melalui tilang elektronik atau ETLE.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...