Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ban Motor Sering Bocor Halus hingga Bikin Jengkel? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Ban Motor Sering Bocor Halus hingga Bikin Jengkel? Ini Kemungkinan Penyebabnya
Foto: Ilustrasi ban motor (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Kudus – Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Sebab, tanpa adanya ban maka sepeda motor sudah dipastikan tidak bisa digunakan.

Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan. Salah satunya adalah ban bocor halus.

Para pemilik motor pasti pernah mengalami kondisi ini. Namun, sebagian di antaranya terkadang merasa jengkel karena ban motornya sering bocor halus.

Baca juga: Ban Motor Sudah Terlihat Benjol? Demi Keamanan Sebaiknya Segera Diganti

Melansir dari laman Federal Oil, Minggu (12/6/2022), ban motor bocor halus sering menjadi masalah yang dialami oleh banyak pemilik kendaraan. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari faktor internal kendaraan hingga faktor eksternal seperti kondisi permukaan jalan dan lain-lain.

Sayangnya, karena kebocoran yang terjadi di permukaan ban cukup kecil atau bahkan tak terlihat membuat banyak pengendara tak menyadarinya.

Mereka biasanya baru sadar ketika ban motor yang dikendarainya semakin mengempis atau bahkan kehabisan tekanan angin di tengah jalan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab ban motor bocor halus:

1. Kondisi ban yang sudah tidak prima

Faktor pertama yang dapat menyebabkan ban motor bocor halus ialah kondisi dari komponen ban itu sendiri. Ban yang sudah berusia tua atau sudah cukup lama digunakan untuk mengarungi jalan tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus karena permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal.

Selain itu, jika ban motor Anda sudah terlihat aus atau gundul, sebaiknya segera diganti dengan ban baru karena selain dapat memicu terjadinya bocor halus juga dapat membahayakan keselamatan Anda selama berkendara di jalan raya.

2. Bebatuan yang tajam

Jika Anda sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil, hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bocor halus. Terlebih jika Anda melewati jalanan tersebut dengan kecepatan yang cukup tinggi. Risiko kebocoran pada ban pun akan jauh lebih besar.

Hal ini dikarenakan beberapa bebatuan di jalan memiliki permukaan yang cukup tajam. Jika permukaan tersebut mengenai ban motor Anda, sudah pasti yang akan terjadi ialah kebocoran. Bahkan risiko terburuknya, ban motor Anda dapat mengalami pecah sewaktu-waktu.

3. Kondisi velg motor yang penyok

Velg merupakan salah satu komponen yang sangat dekat kaitannya dengan ban. Kedua komponen ini terpasang dan harus saling melengkapi. Sebuah ban tidak akan bisa berdiri tegak tanpa keberadaan dari kerangka velg.

Nah, karenanya kondisi velg yang bengkok atau penyok juga sering menjadi salah satu alasan terjadinya ban motor bocor halus. Ini biasa terjadi karena bagian velg yang penyok tersebut memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat.

Akibatnya, lewat rongga tersebut tekanan angin dalam ban pun akan terus keluar atau berkurang.

4. Kebocoran yang disebabkan oleh komponen pentil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab ban motor bocor halus bisa terjadi karena faktor internal juga. Salah satunya dipengaruhi oleh pentil ban motor yang kendor.

Nah, seringkali para pemilik kendaraan tidak menyadari akan hal tersebut. Permukaan ban motor terlihat baik-baik saja namun sebenarnya masalah terletak pada komponen pentil yang kendor atau tidak kokoh seperti sebelumnya.

Jika sudah demikian, solusi utama yang harus dilakukan adalah dengan membawa motor Anda ke bengkel. Biarkan teknisi yang menangani permasalah tersebut untuk Anda.

5. Bekas tambal ban

Jika ban motor yang Anda gunakan saat ini pernah mengalami bocor sebelumnya atau memiliki riwayat bekas tambalan.  Hal tersebut juga dapat memicu terjadinya bocor halus.

Hal ini biasanya disebabkan oleh pengerjaan tambalan yang kurang rapi sehingga masih terdapat sedikit permukaan ban yang terbuka. Selain itu, bisa juga tambalan yang ditempelkan pada permukaan ban motor Anda kurang merekat dengan kuat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...