Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kebutuhan Guru PPPK Capai 970 Ribu Tapi Pengajuan Baru 343 Ribu

Kebutuhan Guru PPPK Capai 970 Ribu Tapi Pengajuan Baru 343 Ribu
Pelamar PPPK Guru tengah melaksanakan seleksi kompetensi di SMAN 2 Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Jakarta – Kebutuhan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) semua jenjang pendidikan untuk tahun ini sebanyak 970.410 guru. Namun, jumlah formasi guru yang diajukan oleh pemerintah daerah (Pemba) baru mencapai 343.631 guru atau 35 persen.

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Iwan Syahril mengatakan, kebutuhan guru yang cukup banyak tersebut seharusnya diimbangi dengan pengusulan yang sepadan. Sehingga jumlahnya dapat terpenuhi.

Ia mengatakan masih ada 65 persen formasi yang perlu diajukan Pemda untuk bisa memenuhi kebutuhan guru di seluruh Indonesia.

Baca: Dilantik, Ratusan Guru PPPK Kudus Diberi Wejangan Ini oleh Bupati

”Pemenuhan guru ASN, termasuk PPPK adalah salah satu upaya mengatasi kekurangan guru di Indonesia” katanya,  dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (12/6/2022).

Pihaknya pun meminta agar pemda segera mengajukan formasi untuk guru PPPK. Menurutnya, itu adalah kunci dalam penyelesaian kebutuhan guru PPPK.

”Kunci dari penyelesaian ASN PPPK guru ini yang utama tentunya adalah adanya formasi yang diajukan oleh pemerintah daerah,” kata dia.

Baca: Siap-Siap, Tahun Ini Pemerintah Kembali Buka PPPK Formasi Guru

Iwan juga mengatakan bahwa pihaknya mampu menampung ribuan guru yang lolos seleksi jika terdapat formasi. Ia ingin permasalahan kebutuhan guru ASN dapat terpenuhi sebelum 2023.

“kami minta pemda kooperatif untuk aktif mengajukan kebutuhan guru di masing-masing daerah,” pintanya.

 

Penulis:Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNindonesia.com

Comments
Loading...