Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Di Hadapan Jokowi, Ketua Hipmi Usul Ijazah Bisa untuk Pinjam Modal di Bank

Di Hadapan Jokowi, Ketua Hipmi Usul Ijazah Bisa untuk Pinjam Modal di Bank
Ilustrasi

MURIANEWS, Jakarta – Di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Mardani H Maming mengungkapkan sejumlah permasalahan yang dialami oleh pengusaha pemula. Terutama bagi pemuda yang baru lulus kuliah dan hendak merintis usaha.

Menurutnya, untuk mendapatkan modal di bank bagi pemuda yang baru lulus kuliah saat ini cukup sulit. Sebab, harus ada agunan yang disertakan. Sementara pemuda yang baru lulus kuliah, tidak mempunyai agunan, tetapi mempunyai ijazah.

”Masalah perbankan, baru lulus kuliah, S1, S2, pergi ke perbankan untuk pinjam Rp 1 miliar, tapi ditanya apakah punya aset Rp 1 miliar, gimana kita anak muda bisa menjadi pengusaha,” katanya dalam acara HUT 50 Tahun Hipmi, Jumat (10/6/2022).

Baca: Hipmi Teriak Lanjutkan, Jokowi: Hati-Hati Ini Tahun Politik

Dia menilai, perlu ada regulasi agar modal bisa cair dari perbankan dengan cukup memberikan izajah sebagai jaminan. Sehingga, anak muda bisa mudah memulai jadi pengusaha.

”Anak muda modalnya bukan aset, tapi usaha dan pendidikan, saya mau ada regulasi yang diatur di mana anak muda S1 cukup berikan ijazah sebagai jaminan ke perbankan dan dia bisa memulai menjadi pengusaha muda,” paparnya di hadapan Jokowi.

Baca: HIPMI Kudus Jaring Pengusaha Muda di Universitas 

Maming mengatakan, Hipmi akan menjadi barometer pada tahun 2024. Dia yakin siapapun yang menjadi pemimpin di masa depan, tidak lepas dari kader-kader Hipmi. Dia juga menyatakan bahwa Jokowi adalah keluarga Hipmi.

”Saya harus memberi keyakinan kepada Bapak Presiden Ir Joko Widodo. Beliau adalah keluarga Hipmi, beliau adalah Presiden Hipmi yang pertama,” ujar Maming diikuti teriakan lanjutkan.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Comments
Loading...