Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polres Klaten Temukan Indikasi Keterkaitan Khalifatul Muslimin dengan NII dan JI

Polres Klaten saat menunjukkan barang bukti keterkaitan Khalifatul Muslimin dengan kelompok NII dan JI. (Detik.com/Achmad Hussein Syauqi)

MURIANEWS, Klaten – Polres Klaten menemukan indikasi keterkaitan Khalifatul Muslimin dengan kelompok NII dan JI. Saat ini, keterkaitan tersebut tengah didalami petugas.

Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Guruh Bagus Eddy Suryana mengatakan dugaan setelah polres memeriksa pimpinan Khilafatul Muslimin Jawa Tengah IM (26) dan pimpinan cabang Klaten, SW (62).

Selain itu, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait kelompok Khilafah Muslimin.

”Di situ terdapat pamflet atau struktur organisasi. Mulai dari NII, JI, dan juga struktural secara keseluruhan karena yang kami amankan Amir Jawa Tengah,” katanya seperti dikutip Detik.com.

Guruh menjelaskan, selain melakukan pemeriksaan kepada kedua tersangka, pihaknya juga melakukan penggeledahan. Dari situ ditemukan barang-barang berupa struktur organisasi di kantor dan rumah.

”Di sana terdapat barang yang bisa dikatakan membuat struktur organisasi khilafah. Amir Jawa Tengah membawahi se-kabupaten Solo raya, Yogyakarta dan Kudus yang dipimpin IM,” ungkap Guruh.

Menurutnya, keterkaitan Khilafatul Muslimin dengan NII terdapat di pamflet yang ditemukan di kantor sekretariat. Di sana ada struktur organisasinya mulai zaman Kartosuwiryo sampai saat ini.

”Ada tulisannya ada pamfletnya,” ujarnya.

Guruh mengungkapkan, ada kemungkinan penambahan tersangka sebab saat ini pemeriksaan masih berjalan. Penyidik masih mengecek struktural dan kegiatan Khilafatul Muslimin sebelumnya.

”Kita masih mendalami struktur dan kegiatan sebelum-sebelumnya. Di Klaten ada tiga kantor ranting dan satu kantor cabang, sementara itu,” pungkasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...