Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hebohnya Pertandingan Olahraga Tradisional Forda Jateng 2022 di Banyumas, dari Egrang hingga Tarik Tambang

Hebohnya Pertandingan Olahraga Tradisional Forda Jateng 2022 di Banyumas, dari Egrang hingga Tarik Tambang
Foto: Suasana pertandingan olahraga tradisional Forda Jateng 2022 yang dilangsungkan di Stadion Satria Purwokerto (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Banyumas – Ajang Forda atau Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2022 resmi dibuka dengan meriah di Gedung Sasana Krida Raga Satria kompleks GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (11/6/2022).

Ada belasan jenis olahraga (jenor) yang dipertandingkan dalam Forda 2022. Dari pantauan Murianews di lokasi Forda 2022, semua pertandingan berlangsung semarak dan meriah.

Meski demikian, paling seru dan heboh adalah saat digelarnya pertandingan olahraga tradisional yang dilangsungkan di Stadion Satria Purwokerto. Seperti hadang, egrang, terompah panjang, dan tarik tambang yang sudah sangat dikenal masyarakat luas.

Baca juga: Forda Jateng 2022 di Banyumas Resmi Digelar, 2.400 Atlet Ikut Ambil Bagian

Pertandingan olahraga tradisional ini cukup banyak penontonnya untuk memberikan dukungan pada tim yang bertanding. Hampir semua kabupaten/ kota mengikuti nomor olahraga tradisional ini.

“Olahraga ini mengingatkan memori masa lalu. Permainan seperti ini akrab kita lakukan saat kecil dulu,” kata Budiman, salah satu penonton yang menyaksikan pertandingan itu.

Foto: Suasana pertandingan olahraga tradisional Forda Jateng 2022 yang dilangsungkan di Stadion Satria Purwokerto (Murianews/Dani Agus)

Ketua Umum Persatuan Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Jawa Tengah Denty Eka Widi Pratiwi ikut hadir dalam kesempatan itu. Denty merasa berbangga karena bisa turut ambil bagian dalam melestarikan olahraga tradisional. Selain bisa mencetak prestasi, juga ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

”Melalui olahraga masyarakat semakin bisa bernostalgia dan juga mencetak prestasi di berbagai kalangan. Kita berupaya agar olahraga tradisional ini nantinya bisa mendunia,” katanya.

”Ini menjadi edukasi buat kita semuanya. Dengan olahraga, kita bisa produktif. Dengan olahraga, kita bisa mencetak generasi yang cerdas, sehat dan bahagia,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KORMI Jateng Edi Purwanto dalam kesempatan sebelumnya menerangkan, jenis olahraga kesehatan dan kebugaran yang dipertandingan antara lain, senam jantung sehat, seban tera, senam sehat Indonesia, senam aerobik, senam pernafasan, SKJ, dan tonnis.

Kemudian untuk olahraga tradisional dan kreasi budaya ada hadang, egrang, terompah panjang, tarik tambang, silat budaya, dan liong barongsai.

Sedangkan untuk olahraga petualangan dan tantangan antara lain IESPA elektronik sport, air softgun, panco. Selanjutnya ada kejuaraan pendukung dan eksebisi, yakni drumband, yoga, dan jemparingan.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...