Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lapas Se-Indonesia Overload

100 Lebih Lapas di Indonesia Overload
Wamenkumham RI Edward Omar Syarif Hiariej menyambangi Lapas Kelas IIB Purwodadi, Sabtu (11/6/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia overload. Jumlah totalnya, lebih dari 100 ribu narapidana (napi). Itu diungkapkan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI Edward Omar Sharif Hiariej.

”Iya banyak. 100 ribu lebih (napi, red) kok,” katanya saat menyambangi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (11/6/2022).

Omar menyebut, ada juga lapas yang belum memiliki kekuatan hukum tetap. Dengan begitu, lapas-lapas itu juga menjalankan fungsinya sebagai rumah tahanan (rutan).

Baca: 139 Warga Binaan Lapas Purwodadi Grobogan Terima Remisi Lebaran

”Meskipun ini Lapas, tapi ada yang belum memiliki kekuatan hukum tetap. Artinya apa? Lapas di sini juga menjalankan fungsi rutan,” katanya.

Menurutnya, tak masalah bagi Lapas yang menjalankan fungsi sebagai rumah tahanan (rutan). Yang menjadi masalah justru kebalikannya, yakni rutan yang menjalankan fungsi sebagai lapas.

”Yang kasihan itu rutan yang menjalankan fungsi menjadi lapas. Karena apa? Itu terkait anggaran. Kalau rutan tidak memiliki anggaran pembinaan, kalau lapas punya,” kata Edward.

Edward menyatakan hal tersebut menjadi perhatiannya. Pihaknya pun segera berkomunikasi dengan Kementrian Keuangan. Dengan begitu, ke depan rutan juga memiliki anggaran pembinaan.

”Itu yang harus kami bicarakan dengan Menteri Keuangan. Yang mana, meskipun rutan, harus juga diberikan (anggaran, red) untuk pembinaan. Karena di sana tidak hanya tahanan, tapi juga narapidana,” terangnya.

”Tapi apapun itu, dengan melihat Lapas Purwodadi Grobogan, saya yakin mudah-mudahan nanti bisa mendapat predikat bebas dari korupsi,” tutupnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

 

Catatan Redaksi: berita ini telah mengalami penyuntingan ulang pada judul dan isi demi peningkatan kualitas berita. 

Comments
Loading...