Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sembuh dari Covid-19, Lima Calhaj Klaten Terbang ke Tanah Suci Hari Ini

Para jemaah calon haji berkumpul di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (9/6/2022). (Detik.com/Achmad Hussein Syauqi)

MURIANEWS, Klaten – Sebanyak lima calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Kelimanya pun akhirnya diberangkatkan ke Tanah Suci , Sabtu (11/6/2022) hari ini.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, kelimanya dinyatakan sembuh setelah dilakukan test PCR kembali setelah lima hari isolasi mandiri. Hasilnya, dari 12 orang yang positif sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

”Kemarin sudah dilakukan evaluasi PCR, ada lima orang yang dinyatakan sembuh dan diberangkatkan hari ini. Sisanya menunggu hasil evaluasi hari ini, mudah-mudahan bisa segera diberangkatkan,” kata Sri Mulyani seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (11/6/2022).

Sri Mulyani menyebutkan, kelima calhaj tersebut diberangkatkan bersama jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13. Saat ini kelimanya bahkan dinyatakan sehat dan layak berangkat.

”Mereka masuk kloter 13. Semoga saja kelimanya bisa menjalani ibadah haji secara khusyuk dan menjadi haji yang mabrur,” uangkapnya.

Di sisi lain, Mulyani menjelaskan jumlah Calhaj yang diberangkatkan tahun ini lebih sedikit dibandingkan pemberangkatan Calhaj sebelum ada pandemi Covid-19.

”Apa pun itu ceritanya, panggilan haji dan umrah kuotanya jauh dari sebelum pandemi patut disyukuri. Yang penting semua sehat dan pulang menjadi haji yang mabrur. Saya sangat terharu karena setelah dua tahun tidak ada pemberangkatan, akhirnya bisa diberangkatkan tahun ini,” jelas Mulyani.

Para calhaj Klaten mulai diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan sebelum berangkat ke Arab Saudi sejak Jumat (10/6/2022). Sebanyak 11 Calhaj diberangkatkan melalui kloter 12 pada Jumat sore. Sebanyak 330 Calhaj diberangkatkan melalui kloter 13 pada Sabtu pagi. Sisanya diberangkatkan melalui kloter 14 pada Minggu (12/6/2022) pagi.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Hariyadi, mengatakan seluruh calhaj mengikuti tes PCR sesuai persyaratan yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi. Tes PCR maksimal dilakukan 72 jam sebelum pemberangkatan.

Ketika ada calhaj yang terkonfirmasi positif Covid-19, Hariyadi menjelaskan mereka diminta menjalani isolasi hingga dinyatakan negatif sebelum berangkat. Pemberangkatan diikutkan melalui kloter berikutnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...