Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO SUMBAR

Seorang Jemaah Haji Asal Padang Meninggal di Madinah Usai Salat Asar

Seorang Jemaah Haji Asal Padang Meninggal di Madinah Usai Salat Asar
Ilustrasi ibadah haji. (Twitter/@hsharifain)

MURIANEWS, Padang – Seorang jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat (Sumbar),Bangun Wahid Lubis (59) dilaporkan meninggal dunia pada saat berada di Madinah. Lubis meninggal dunia usai melaksanakan salat asar di Masjid Nabawi, Madinah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Joben membenarkan adanya laporan tersebut.

”Benar ada satu jemaah calon haji kloter 4 Padang yang meninggal dunia di Madinah,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Baca: Catat, Ini Waktu Jemaah Haji Indonesia Masuk Raudhah

Joben mengatakan, jemaah haji itu tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Usai salah asar tiba-tiba jemaah tersebut sempoyongan dan jatuh.

”Sekitar pukul 16.15 waktu setempat, sepulangnya dari salat Asar di Masjid Nabawi, tiba-tiba jemaah itu sempoyongan dan jatuh,” ujar Joben.

Jemaah lain yang melihat kejadian itu dan melaporkannya ke dokter untuk memberikan pertolongan pertama.

Baca: Ada yang Meninggal dan Sakit, Porsi 22 Calon Jemaah Haji Grobogan Dilimpahkan

Kemudian Bangun dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) King Fahd.

”Jemaah tersebut sempat mendapatkan pertolongan medis di rumah sakit, namun tidak beberapa lama sekitar satu jam lebih dinyatakan meninggal dunia,” kata Joben.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, administrasi jemaah haji itu diurus ke sektor dua Madinah dan Daker Madinah. Selanjutnya, Daker melimpahkan ke KKHI untuk pengurusan pemakaman almarhum.

“Jemaah ini dimakamkan di Baqi. Yang bersangkutan dimakamkan usai disalatkan di Masjid Nabawi tadi pagi,” terang Joben.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...