Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PO Shantika, Pelopor Bus Sultan di Kawasan Muria

Bus rebahan tipe sultan dream coach milik PO Shantika. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan Otobus (PO) Shantika merintis usaha transportasi ini dengan berbekal empat armada bus saja. Namun kini, PO ini menjadi salah satu pelopor bus sultan di kawasan Muria dengan salah satu andalannya ayakni kelas sleeper bus.

Saat ini PO Shantika memiliki 57 armada bus yang terdiri dari tiga kelas. Terdiri dari kelas eksekutif, kelas super eksekutif, dan kelas sleeper bus.

Manager Operasional PO Shantika Hartotok Priyo Wiyono menyampaikan, PO Shantika dirintis pada tahun 2005. Saat itu PO Shantika hanya memiliki empat armada.

Saat itu rutenya terbatas. Yakni hanya melayani rute Kudus-Jepara-Pulogadung dan rute sebaliknya Pulogadung-Kudus-Jepara.

”Saya mulai bergabung di PO Shantika pada 2007. Dari cerita yang saya dengar itu PO Shantika punya armada empat unit di 2005 itu. Terus sekarang berkembang punya puluhan armada,” katanya Sabtu (11/6/2022).

Fasilitas bus rebahan tipe sultan dream coach milik PO Shantika. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Seiring bertambahnya armada, rute PO Shantika juga ikut bertambah. Mulai dari Kudus ke Jabodetabek dan rute sebaliknya Jabodetabek ke Kudus. Ada juga rute dari Kudus ke Bandung dan rute sebaliknya.

Priyo menyampaikan, pihaknya juga memiliki kelas super eksekutif dan sleeper bus yang dirasa memiliki fasilitas kelas sultan. Menurutnya, PO Shantika menjadi pelopor bus sultan di kawasan Muria.

“Di Muria Raya ini, PO New Shantika yang pertama memiliki bus mewah kelas sultan. Bisa dibilang kami pelopornya.  Seperti sleeper bus ketika dinaiki penumpang, serasa seperti hotel berjalan,” sambungnya.

Dia menambahkan, pihaknya mendapatkan bus sultan tersebut untuk memberikan pelayanan yang baik bagi penumpang. Sehingga penumpang tidak letih selama berada di perjalanan.

“Ke depannya, kami berencana melakukan penambahan rute. Seperti daerah Solo, Purwodadi, dan daerah lain di Jawa Timur,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...