Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mahasiswa Diajak Mampu Jadi Petarung Ideologi Bangsa

Iptu Subkan menyampaikan materi dalam pelatihan kader dasar PMIi Rayon Syariah Komisariat Sunan Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus — Pelatihan kader dasar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Syariah Komisariat Sunan Kudus, Jumat (10/6/2022). Sebanyak 80 perserta hadir dalam pelatihan yang menghadirkan pemateri Kepala Unit Keamanan Sat Intelkam Polres Kudus Iptu Subkhan tersebut.

Di kesempatan tersebut, Iptu Subkhan menyampaikan materi ‘moderasi budaya dengan kearifan lokal’. Ia mengatakan, betapa pentingnya untuk mem-branding diri ataupun organisasi dengan budaya dan karakter yang baik.

Sehingga, generasi muda seperti mahasiswa akan lebih mampu berbuat baik dan menjadi petarung ideologi bagi bangsa dan negara.

”Berbuatlah agar keberadaanmu lebih bermanfaat, awali dengan mengenali diri, sampai lingkungan. Kemudian lakukan pemetaan permasalahan, buat konsep dan pola pikirnya, tentukan strategi menghadapinya dan eksekusi rencananya,” katanya.

Hal tersebut, sambung dia, sebagai salah satu cara untuk berpikir strategis, yang bisa membedakan antara mahasiswa dan masyarakat umum ketika menemukan masalah sosial di lingkunganya.

Ia menambahkan, masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  adalah milik generasi muda saat ini. Oleh karenanya, mahasiswa diajak untuk tidak takut salah, tidak takut gagal dalam melakukan sesuatu demi kebaikan untuk bangsa, negara, dan agama.

Sementara Ketua Panitia Pelatihan Kader Dasar PMII Rayon Syariah Komisariat Sunan Kudus Muhammad Azka Shofwil Widad menyampaikan, pelatihan ini merupakan agenda tahunan. Pada tahun ini, pelatihan diselenggarakan selama empat hari 9-12 Juni 2022.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...