Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO SULSEL

Pria di Palembang Ini Nekat Begal untuk Nikahi Tiga Istrinya

Pria di Palembang Ini Nekat Begal untuk Nikahi Tiga Istrinya
Foto: Ilustrasi pernikahan (pixabay.com)

MURIANEWS, Palembang – Seorang pria bernama M Iqbal Saputra (27), warga Palembang, Sumatera Selatan (Sulsel) terpaksa harus ditangkap polisi lantaran telah beberapa kali melakukan aksi pembegalan.

Hasil dari aksi pembegalan itu digunakan Iqbal untuk menikahi tiga istrinya. Satu dinikahi secara resmi dan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA), dua lainnya dinikahi secara siri.

Kapolsek Ilir Barat I, Kompol Roy A Tambunan mengatakan, aksi begal tersebut sudah dilakukan sebanyak 15 kali dengan lokasi yang berbeda. Namun sebagian besar dilakukan di wilayah Ilir Barat.

”Pengakuan tersangka, dua punya tiga istri. Dulu dinikahi menggunakan uang hasil membegal. Saat ini tersangka juga mempunyai dua orang anak,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Baca: Begal Bersamurai di Jepara Ditangkap Warga, Satu Berhasil Kabur

Roy menceritakan, setiap melakukan aksi begal, Iqbal bersama komplotannya selalu membawa senjata tajam. Sementara Iqbal menjalankan peran sebagai pilot atau yang mengendarai sepeda motor. Satu kali beraksi komplotan begal ini biasanya terdiri dari enam orang dan berganti rekan.

”Dia (Iqbal) pilotnya. Cara mereka membegal adalah dengan mengincar korban, kemudian memepet kendaraan korban. Setelah terpapat, kunci motor korban diambil oleh pelaku. Sasaran mereka adalah ibu-ibu, anak muda dan bapak tua,” jelasnya.

Setiap beraksi Iqbal mendapat jatah sebesar Rp 500.000 dari hasil membegal. Uang tersebut yang kemudian dikumpulkan Iqbal untuk menikahi tiga istrinya dan memberi nafkah keluarga.

Baca: Melawan Saat Ditangkap, Dua Begal di Semarang Ditembak Polisi

Kasus terakhir Iqbal dan komplotannya melakukan aksi begal terhadap dua pasangan pemuda yang sedang berboncengan.

”Saat itu Iqbal dan komplotannya berhasil merampas sepada motor milik korban yang sedang melintas di daerah angkatan 45 Palembang,” jelas Roy

Roy menjelaskan, Tersangka Iqbal ditangkap di kawasan Jalan Veteran. Bahkan ia sempat masuk ke rumah warga untuk menghindari kejaran aparat.

”Saat hendak ditangkap, tersangka berupaya melarikan diri,” terangnya.

Baca: Dua Begal Bersenjata di Demak Diringkus Polisi, Dua Lagi Buron

Tak hanya itu, tersangka sempat masuk ke dalam rumah salah seorang warga untuk bersembunyi. Bahkan tersangka juga mengancam seorang ibu yang tengah sakit-sakitan dalam rumah tersebut.

Tersangka Iqbal beralasan kepada pemilik rumah kalau dirinya sedang dijebak. Saat hendak keluar dari rumah untuk kembali kabur, petugas yang tak ingin kehilangan buruannya memberikan tembakan peringatan di betis sebelah kiri.

Namun Iqbal tetap kabur hingga petugas kembali mengeluarkan tembakan ke betis kanan.

”Tersangka ini merupakan residivis kasus yang sama, kalau pengakuan tersangka setidaknya 15 kali membegal. Lokasinya beragam ada 9 lokasi yang di Ilir Barat 1, ada juga di sejumlah wilayah lain di Kota Palembang,” jelasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...