Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bermula dari Snack Tart, Rikka Kebanjiran Order Buket

Owner Saiqa Craft Kudus, Rikka Budiarti membuat buket pesanan. (Murianews/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Membuat buket jajan dan buket uang tidak pernah terpikir oleh Rikka Budiarti. Namun, kini usaha buketnya si cantik dari Kudus, Jawa Tengah, ini kini laris manis.

Rikka Budiarti merupakan Owner Saiqa Craft. Ia biasa menggarap buket di kediamannya. Lokasinya di RT 03, RW 05, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Rikka Budiarti menceritakan, awalnya tidak membuat usaha buket bunga maupun buket uang. Dia hanya fokus membuat snack tart.

Snack tart yakni kumpulan dari beberapa snack untuk camilan anak-anak yang dibuat menumpuk layaknya kue tar. Biasanya disajikan untuk acara ulang tahun. Usaha itu ditekuninya sejak 2018.

“Tahun 2018 saya diminta teman buat snack tart untuk acara ulang tahun anaknya. Setelah selesai beberapa hari saya diminta tolong lagi bikin buket,” katanya, Sabtu (11/6/2022).

Dia sempat kaget karena tidak pernah membuat buket. Namun, dia menyanggupi pesanan itu.

”Akhirnya saya buat saja. Ya istilahnya autodidak dan ternyata bisa. Dari situlah saya mulai coba menekuni buket jajan dan buket uang,” ujarnya.

Baca: Belajar dari Youtube, Perempuan di Kudus Banjir Pesanan Buket

Satu per satu buket buatannya diposting di Insta Story dan WhatsApp status. Lambat laun pesanan buket di tempatnya mulai berdatangan.

”Sejauh ini bikin buket uang, buket jajan, buket kosmetik, hantaran pengantin, dan lainnya,” ujarnya.

Buket buatannya dijual dengan harga yang bervariasi. Dimulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 400 ribu.

”Seringnya dapat pesanan buket jajan dan buket uang. Saya ngikut request konsumen saja mau dibuatin seperti apa,” jelasnya.

Pesanan buket kini datang dari Kudus, Jepara, Pati, dan Kota Semarang. Pemesan berminat setelah melihat produk buket buatan perempuan 40 tahun itu di kanal Instagram @maskersaiqa_kudus.

”Proses pengerjaan satu buketnya saya membutuhkan waktu 30 hingga 45 menit. Tergantung isian buketnya. Paling lama buat maksimal butuh waktu satu hari,” ungkapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...