Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jelang Timnas Indonesia Vs Jordania

Pernyataan Para Pejabat PSSI Malah Memecah Konsentrasi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (facebook.com/mochamadiriawan84)

MURIANEWS, Jakarta – Menjelang pertandingan melawan Jordania, di Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A, sejumlah pernyataan pejabat PSSI berpotensi menganggu konsentrasi Timnas Indonesia. Pernyataan-pernyataan mengenai status Pelatih Timnas Shin Tae-yong berkembang di situasi yang tidak tepat.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menilai Shin Tae-yong keteteran saat menganagi tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu dinilai terlalu berat saat harus menangani Timnas Senior, Timnas U-19 dan Timnas U-23.

Sehingga Iwan Bule, julukan Mochamad Iriawan akhirnya melontarkan gagasan akan mengembalikan posisi Shin Tae-yong untuk Timnas U-20 yang disiapkan ke Piala Dunia U-20. Polemik kemudian berkembang dan berpotensi menganggu konsentrasi para pemain Timnas Indonesia yang sedang berlaga di Kuwait.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sepakat agar Shin Tae Yong fokus ke Timnas Indonesia U-20. Melalui Instagram, hal itu disampaikan Iwan Bule, pada Jumat (10/6/2022).

“Buat federasi, kita harus menghormati kontrak yang bersangkutan [Shin Tae Yong]. Kontraknya adalah empat tahun, yaitu sampai akhir tahun 2023,” kata Iriawan.

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Jordania di Indosiar Malam Ini

“Oleh sebab itu kita sepakati dulu bahwa itu kontraknya memang harus kita hargai. Artinya dia masih berlanjut melatih timnas kita,” Iwan Bule, seperti diunggah di Instagram PSSI.

Iriawan menjelaskan saat Kongres PSSI di Bandung pada Mei lalu, Shin telah dipanggil untuk memberi laporan tentang Timnas Indonesia (senior), U-23, dan U-19 yang ditanganinya. Setelah menerima laporan tersebut Iriawan bertemu dengan anggota Exco. Mereka berdiskusi tentang langkah terbaik bagi Shin dalam menatap Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

“Saat Kongres, STY kita panggil. Kebetulan waktu itu memimpin dan dilaporkan kepada saya. Dia di sana disampaikan apa yang STY lakukan tentang tiga kelompok umur [senior, U-23, dan U-19] tersebut,” kata Iwan Bule.

“Akhirnya kita berdiskusi setelah itu dengan Exco. Kita sih menginginkan nanti adalah kelompok umur U-20 saja yang betul-betul di-hire oleh STY tersebut,” ujarnya lagi.

“Tetapi kita belum pasti, apa jawaban yang bersangkutan. Kita tunggu pulang dari Kuwait. Kita akan diskusikan kembali,” ucap purnawirawan polisi bintang tiga tersebut. Yang jelas federasi sudah sepakat dengan teman-teman Exco, kita inginkan kelompok umur U-20 persiapkan maksimal kepada Piala Dunia [U-20] tahun depan. Jadi fokusnya itu,” kata Iwan Bule menandaskan.

Pernyataan-pernyataan yang lain juga disampaikan oleh beberapa anggota Exco PSSI. Semuanya malah menimbulkan situasi sedikit tidak kondusif. Para Nitizen Indonesia bahkan menanggapi dengan penilaian negative atas apa yang dilakukan para pejabat PSSI ini.

Mereka memang menyampaikan pernyataan yang sepertinya tidak tepat. Pernyataan-pernyataan mereka justru membuat konsentrasi Shin Tae-yong dan para pemain Timnas Indonesia yang berada di Kuwati bisa saja terpecah.

Padahal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 melakukan awal yang bagus saat berhasil menang atas Kuwait. Saat ini Fahrudin Irianto CS masih harus menghadapi dua pertandingan sisa.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Dari Berbagai Sumber

Comments
Loading...