Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemain Malaysia dan Thailand Mencret, Indonesia Masters 2022 ’Gaduh’

Indonesia Masters 2022
Turnamen Badminton Indonesia Masters 2022. (facebook.com/BadmintonAssociationofIndonesia/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Pengakuan dari sejumlah pemain Malaysia dan Thailand yang mengalami mencret di hari ke-4 Indonesia Masters 2022, membuat geger. Kejadian ini memunculkan dugaan bahwa mereka mengalami keracunan makanan, usai sarapan. Sontak
hal ini membuat turnamen Indonesia Masters 2022 menjadi ’gaduh’.

Kabar mengenai mencret-nya sejumlah pemain Malaysia dan Thailand pertama kali disampaikan oleh Juan Shen Low, salah satu anggota kontingen Tim Malaysia. Shen Low menyebut sejumlah pemain Malaysia mengalami keluhan yang serupa.

Menanggapi kabar ini, humas Indonesia Masters 2022, Broto Happy, menyatakan secara resmi belum ada laporan resmi terkait hal ini dari pihak tim. Namun demikan pihaknya sudah mulai melakukan investigasi dan mengambil langkah-langkah.

BACA JUGA: Hakim Garis Ngantuk di Indonesia Masters 2022, Tunggal Putra Denmark ‘Protes’

Broto Happy juga menyatakan ikut berempati dan prihatin atas insiden yang dialami sejumlah pemain Malaysia dan Thailand ini. Pihak panitia Indonesia Masters 2022, mengetahui kasus dugaan keracunan makanan yang dialami sejumlah pemain Malaysia dan Thailand dari sosial media.

“Sampai sejauh ini kami tidak menerima laporan resmi dari pemain atau tim menyangkut dugaan keracunan makanan yang menimpa beberapa pemain negara asing. Kami tahunya malah dari sosial media,” tutur Broto dalam keterangan resmi, Sabtu (11/6/2022) pagi.

Panitia Indonesia Masters 2022 masih terus mendalami kasus ini. Para pemain yang menginap di dua hotel resmi yang disediakan panitia kejuaraan memang bebas bisa memesan makanan via aplikasi di handphone atau bersantap di restoran dan di mal yang ada di sekitar hotel. Sehingga belum bisa dipastikan apa sebenarnya yang menjadi penyebab.

Panitia Indonesia Masters 2022 juga telah berkoordinasi dengan pihak hotel. Salah satunya dengan memisahkan tempat makan para pemain dan tim dengan tamu hotel lainnya. Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) juga telah meminta para manajer tim tamu mengingatkan agar para pemainnya tidak sembarangan memesan makanan dari luar hotel.

Sebelumnya dari unggahan di sosial media dikabarkan beberapa pebulutangkis Malaysia yang menginap di Hotel Century mengalami keracunan makanan. Hal serupa menimpa sejumlah pemain Thailand yang diketahui tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta.

“Agar kasusnya bisa objektif, mereka yang sakit tersebut, juga tidak dirawat di rumah sakit rujukan panitia atau langganan pihak hotel. Tetapi di rumah sakit lain,” ucap Broto.

Sementara itu, Direktur Pelatnas Bandminton Association of Malaysia (BAM), Rexy Mainaki dikabarkan belum bisa memberikan pernyataan mengenai kasus ini. Namun matan pemain bulutangkis Indonesia yang bekerja di Malaysia ini, menyebutkan juga dalam kondisi diare.

Kepada pihak Pantia, Rexy sudah menyampaikan bahwa dirinya merasa tak enak badan dan mengalami diare, dan ingin lekas kembali ke hotel. Rexy menyebut dirinya sudah lima kali harus buang air besar dalam kasus ini.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...