Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Bagaimana Larangan Main HP di SPBU?

Beli Pertalite Pakai MyPertamina, Bagaimana Larangan Main HP di SPBU?
Aplikasi myPertamina (tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah akan mengubah skema pembelian Bahan Bakar Bersubsidi (BBM) jenis pertalite dan solar di SPBU. Pembelian tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan harus melalui aplikasi MyPertamina.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di playstore kemudian dilakukan aktifasi. Tujuan penggunaan aplikasi tersebut adalah untuk membatasi penggunaan BBM bersubsdi, terutama agar tidak terjadi aksi borong-memborong.

Tentunya, ketika konsumen hendak membeli BBM bersubsidi itu harus membuka aplikasi melalui  handphone (HP). Sementara Pertamina melarang konsumen untuk bermain HP ketika berada di SPBU. Bagaimana dengan kebijakan penggunaan MyPertamina tersebut?

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Sub Holding Commercial & Trading Pertamina) Putut Andriatno mengatakan, larangan penggunaan gawai di SPBU yang dimaksud hanya melakukan panggilan telepon.

Baca: Uji Coba Penggunaan Aplikasi MyPertamina Dilakukan Pada Agustus

Putut menjelaskan, pelarangan penggunaan gawai di area SPBU sifatnya untuk mencegah pemakaian gawai yang tidak bertanggungjawab. Dikhawatirkan nanti justru dapat menimbulkan keadaan darurat seperti percikan api.

”Dapat kami sampaikan, larangan penggunaan portable electronic product adalah untuk panggilan masuk atau keluar,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Sementara Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting mengatakan, pembayaran melalui aplikasi digital atau menggunakan telepon selular saat ini sudah bisa dilakukan. Namun metode pembayaran ini tidak dilakukan di dekat nozzle.

”Saat ini kan juga sudah bisa dilakukan pembayaran menggunakan HP. Namun dilakukan tidak di dekat nozzle,” kata Irto.

Baca: Siap-Siap, Beli Solar dan Pertalite Harus Pakai Aplikasi MyPertamina

Irto mengatakan, nantinya penerapan implementasi aturan baru ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu untuk memastikan masyarakat memiliki akses terhadap layanan MyPertamina.

Rencana penggunaan MyPertamina dalam pembelian Solar dan Pertalite hingga saat ini masih terus dipersiapkan. Irto menjelaskan, dalam revisi Perpres 191 Tahun 2014 ini, Pertamina juga fokus pada penentuan kriteria penerima BBM bersubsidi.

”Saat ini masih finalisasi kriteria penerima subsidi melalui revisi Perpres 191. Infrastruktur pendukungnya juga sedang dipersiapkan,” tegas dia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...