Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pakai Knalpot Brong di Kudus, Siap-Siap Ditilang dan Buat Pernyataan

Anggota Satlantas Polres Kudus memusnahkan knalpot brong beberapa waktu lalu. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Satlantas Polres Kudus masih menggencarkan razia knalpot brong. Knalpot grong menjadi perhatian kepolisian lantaran dinilai mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

Sanksi tilang pun sudah menanti para pelanggar yang masih nekat menggunakan knalpot brong. Selain tilang, ada kebijakan baru yang diterapkan di Kudus.

Pengguna knalpot brong yang tertangkap tangan Polisi diminta untuk membuat surat pernyataan untuk tidak memakai knalpot brong dan lengkap dengan dibubuhi tanda tangan usur aparat dan pemerintah desa setempat.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo mengatakan, kebijakan tambahan surat pernyataan untuk pelanggar knalpot brong merupakan salah satu terobosan terbaru. Sehingga, aparat desa bisa turut membantu pengawasan pengendara yang masih membandel menggunakan knalpot brong.

”Ketika kami tangkap beri tilang, terus kami kasih surat pernyataan yang ditanda tangani, Bhabinkamtimbas, Babinsa dan kepala desa setempat,” katanya, Jumat (10/6/2022).

Baca: Ini Dampak Knalpot Motor Bocor yang Penting Diketahui, Sebaiknya Diganti Saja

Surat pernyataan tersebut, sambung dia, diambil untuk ditukarkan dengan knalpot brong milik pengendara. Hanya saja, saat pengambilan kendaraan pihaknya juga meminta untuk yang bersangkutan langsung mengganti knalpot brong yang terpasang dengan knalpot standar terlebih dahulu.

”Saat ambil harus membawa, surat pernyataan, knalpot standar dan menggantinya. Jadi kami tidak sita knalpot brongnya, akan kami sita jika masih diulangi kembali,” jelasnya.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kudus untuk selalu tertib berlalu lintas, terkhusus kepada para remaja yang kerap meresahkan dengan penggunaan knalpot brong.

”Tertib lalu lintas itu tanggung jawab bersama. Saya harapkan masyatakat meningkatkan lagi kesadaran tertib berlalu lintasnya. Setiap peraturan lalu lintas dibuat itu untuk keselamatan masing-masing pengendara,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...