Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

ASN yang Pindah ke IKN Nusantara Bakal Dapat Rumah Gratis

ASN yang Pindah ke IKN Nusantara Bakal Dapat Rumah Gratis
desan Ibu Kota Negara Nusantara (tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta – Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mendapatkan rumah secara gratis. Negara sudah menyiapkan semua untuk kebutuhan tempat tinggal ASN tersebut.

Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe mengatakan, semua ASN dan TNI Polri bagi yang pindak ke IKN Nusantara tidak harus membeli rumah. Sebab, negara sudah membelikan untuk mereka.

”ASN dan TNI Polri yang akan pindah ini, rumahnya berarti tidak beli. Jadi yang beli itu negara,” ungkapnya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Rumah tersebut diberikan kepada ASN hingga masa jabatannya selesai. Dengan demikian, ketika mereka sudah pensiun, rumah tersebut akan diisi oleh pegawai lainnya yang belum mendapat haknya.

Baca: Pembangunan IKN Nusantara Dikebut Mulai Semester II Tahun Ini

Dhony menegaskan, rumah dinas itu diberikan secara gratis. Namun, ASN tidak diperbolehkan untuk menjualnya.

”Rumah ASN/TNI/Polri itu misalnya ya, itu kan rumah dinas tipe 1. Itu tidak boleh dijualbelikan oleh ASN/TNI/Polri. Sehingga, bangunan yang berdiri di atas tanah tersebut akan tetap dimiliki dan menjadi barang milik negara,” ungkapnya.

Selanjutnya, apabila ada pengembang yang ingin berpartisipasi untuk membangun rumah dinas tipe 1, tidak perlu mengurus masalah pertanahan dan perizinannya. Mereka hanya perlu untuk memikirkan investasi bangunan (konstruksi).

Baca: Kementerian PUPR Butuh Dana Segar Rp 3 Triliun untuk Pembangunan Tahap Awal IKN Nusantara

”Kan lebih ringan, perizinannya juga sudah kita bantu. Ini beda sekali dan lebih mudah,” sambung Dhony.

Setidaknya, 11.000 rumah akan dibangun oleh pengembang lokal dan 2.000 unit lainnya oleh pengembang asing. Dengan demikian, totalnya mencapai 13.000 unit.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...