Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Manfaat Menakjubkan Buah Merah Asal Papua yang Perlu Diketahui sebelum Mencobanya

Ini Manfaat Menakjubkan Buah Merah Asal Papua yang Perlu Diketahui sebelum Mencobanya
Foto: Buah Merah Papua (pertanian.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Mengonsumsi buah merah banyak dilakukan orang dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, buah dari Papua ini dinilai punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Melansir dari laman Hello Sehat, Jumat (10/6/2022), buah yang berasal dari tanah Papua ini bahkan sering disebut dengan buah keajaiban. Orang Papua sendiri menyebut buah ini dengan nama Kuan Hsu.

Buah merah (Pandanus conoideus) memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya.Buah merah kaya kandungan nutrisi sehingga dapat memberikan berbagai manfaat untuk Anda. Buah ini juga memiliki banyak antioksidan dan asam lemak (omega-3 dan omega-9).

Baca juga: Cari Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C? Ini Daftarnya

Kedua senyawa ini mampu membantu tubuh Anda dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, antioksidan dan asam lemak berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa manfaat buah merah:

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan kanker.

Kandungan tokoferol dalam buah merah juga sangat tinggi yakni mencapai 11000 ppm. Buah merah juga punya kandungan karoten sebesar 7000 ppm. Keduanya merupakan jenis antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas.

Antioksidan ini bekerja dengan cara memperlancar aliran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah produksi sel kanker.

Mencegah diabetes

Diabetes juga berpotensi dapat dicegah dengan manfaat dari buah merah. Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh Anda mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Hal ini dikarenakan tokoferol mampu meningkatkan kerja pankreas sehingga penggunaan hormon insulin bisa lebih efektik untuk mengubah gula menjadi energi.

Dengan begitu, risiko Anda mengalami diabetes mungkin berkurang. Ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian pada hewan percobaan.

Salah satunya tertera dalam Jurnal Akademika Kimia yang menyebutkan bahwa ekstrak buah merah berpotensi menurunkan kadar gula darah pada tikus.

Mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit lain yang terkait

Lagi-lagi, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah berpotensi memberikan manfaat pada tubuh untuk mencegah tekanan darah tinggi. Peran tokoferol yang terkandung dalam buah merah dapat membantu tubuh mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah.

Oleh karena itu, tidak mudah terjadi pembekuan darah dan tidak menyebabkan penyumbatan aliran darah. Dengan begitu, risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, stroke, maupun penyakit jantung menjadi berkurang.

Menjaga kesehatan mata

Buah merah juga salah satu sumber betakaroten yang tinggi. Betakaroten merupakan salah satu jenis vitamin A yang diperlukan oleh mata Anda untuk melihat dengan jelas.

Memenuhi kebutuhan betakaroten dapat menjaga kesehatan mata Anda. Tak heran, orang di Papua mempunyai kesehatan mata yang baik karena konsumsi buah merah ini.

Membantu mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B

Menariknya lagi, buah merah memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga risiko terkena HIV/AIDS dan hepatitis menjadi lebih kecil.

Selain antioksidan, asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam buah merah juga bisa berfungsi sebagai antivirus yang dapat menghambat pembentukan membran lipid virus.

Hal ini membuat virus tidak dapat berkembang biak sehingga membantu mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B. Selain itu, penelitian yang dipublikasikan Research Journal of Immunology menyebutkan bahwa buah merah bisa merangsang pembentukan imun bagi pasien HIV.

Tips mengonsumsi buah merah

Pandanus conoideus dapat langsung dimakan mentah-mentah atau diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Biji dan daging buah tersebut dapat ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring kemudian dijadikan bumbu masakan.

Buah merah dari Papua ini mungkin memang memiliki khasiat baik untuk tubuh Anda. Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini agar mendapatkan saran terbaik sesuai kondisi kesehatan Anda.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...