Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemerintah Akan Bentuk Satgas Penanganan PMK

Pemerintah Akan Bentuk Satgas Penanganan PMK
dokter hewan nampak menyuntik sapi yang terpapar PMK (Dok. Mentan)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah akan membentuk satuan tugas (satgas) khusus penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini dilakukan lantaran penyakit yang menyerang hewan ternak itu terus meluas.

Rencana pembentukan Satgas PMK itu disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Dia mengatakan, pembentukan Satgas PMK akan dilakukan mulai dari pusat hingga ke tingkat daerah paling kecil.

”Terkait PMK, kemarin pak Menko (Airlangga Hartarto) menyampaikan ke pak Mentan (Syahrul Yasin Limpo) dan Kemendagri, serta Gubernur, Bupati, Walikota akan melakukan penanganan di tingkat mikro seperti PPKM. Nanti akan ada satgas PMK sampai ke tingkat kecamatan hingga desa,” ujarnya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (10/6/2022).

Baca: Wabah PMK, Harga Sapi Kurban di Jakarta Justru Melambung Tinggi

Keputusan pembentukan satgas diambil usai melakukan rapat koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada Kamis (9/6/2022).

Saat ini, dari laporan Pemda wabah PMK sudah menyebar ke 163 Kabupaten/Kota di 18 Provinsi.

”Artinya ini cukup serius dampaknya,” terangnya.

Baca: Anggaran Penanganan PMK di Kudus Minim, Segini Nilainya

Nantinya, leat satgas ini laporan daerah yang sudah terjangkit wabah PMK lebih terpusat. Sama dengan laporan covid-19 saat ini yang dijadikan dalam satu portal resmi pemerintah yang berisi data dari seluruh daerah di Indonesia.

Sementara untuk anggarannya akan diambil dari kantong negara yang dialokasikan di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Nantinya akan diambil dari klaster penguatan pemberdayaan ekonomi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...