Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

DPRD Jateng Desak Pemprov Keluarkan Langkah Srategis Tekan Laju PMK

Dispertan Kudus mengecek kesehatan hewan di Pasar Hewan, Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Semarang – Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Setya Budi Wibowo mendesak pemerintah provinsi (Pemprov) untuk bisa segera mengeluarkan kebijakan strategis guna menekan laju penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Tengah.

Hal tersebut dirasa perlu dilakukan mengingat sampai saat ini sudah ada sekitar sepuluh ribuan lebih hewan ternak yang suspek PMK dan ratusan di antaranya sudah dinyatakan positif virus tersebut.

Ia juga meminta pemerintah bisa segera mengeluarkan vaksinasi atau antibody untuk hewan-hewan ternak yang ada di Jawa Tengah.

”Kemarin ada pembahasan soal ini, rencananya vaksin jadi baru bulan Juli, ini yang harus dilakukan langkah strategis. Setidaknya ada langkah pasti dalam mencegah virus ini merebak lebih luas lagi sampai bulan Juli,” katanya Jumat (10/6/2022).

Dia pun mengaku prihatin mulai banyaknya pasar-pasar ternak di Jawa Tengah yang akhirnya harus ditutup gara-gara virus kawakan ini

Soal tersebut, dia juga turut meminta pemerintah daerah mempertimbangkan perekonomian petani dan pedagang ternak. Bila memang bisa dibuka dengan sejumlah kriteria, maka diharapkan pasar ternak bisa diaktifkan kembali.

”Cuma memang para pedagang juga harus mengerti bagaimana kondisi daerahnya, kalau memang sedang tinggi ya untuk sementara dimaklumi terlebih dahulu, ini juga demi kebaikan bersama,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...