Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diduga Pakai Pemain Tak Sah, Ekuador Menghadapi Ancaman Besar di Piala Dunia 2022

Bryon Castello
Pemain Ekuador, Bryon Castello yang diduga menjadi pemain tak sah di Timnas Ekuador. (facebook.com/vaievemfutebol/photos)

MURIANEWS, Santiago – Diduga menggunakan pemain tidak sah selama mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Ekuador menghadapi ancaman besar. FIFA saat ini masih terus menyelidiki klaim pelanggaran Ekuador, yang diajukan oleh Timnas Chili.

Timnas Chile baru-baru ini mengajukan gugatan kepada FIFA atas dugaan digunakannya pemain tidak syah oleh Timnas Ekuador. Tim Pengacara Timnas Chili, menyatakan menemukan bukti-bukti mengenai ketidak beresan Byron Castillo, pemain kunci Timnas Ekuador di kampanye kualifikasi Piala Dunia lalu.

Dalam berita yang dimuat media-media Chile menyebutkan, Byron Castillo diduga memalsukan dokumen identitasnya. Pemain ini diduga kuat merupakan orang yang berkewarganegaraan Kolumbia, dan belum atau tidak memiliki kewarganegaraan Ekuador dengan cara yang sah.

BACA JUGA: Ekuador Vs Argentina Berakhir Imbang, Menyusul Gol Pinalti Akhir Pertandingan

“Ayah Bryon Castillo adalah orang Kolombia dan melahirkannya di Tumaco. Kami memiliki bukti paling otentik di tangan kami dan tidak takut pada apa pun,” kata Tim Pengacara Timna Nasional Chili memberikan penegasan.

Dalam skenario terburuk yang bisa saja terjadi, Ekuador akan dinilai FIFA kalah di setiap laga dimana Bryon Castillo ikut bermain. Hal ini akan menyebabkan pasukan Gustavo Alfaro dikurangi banyak poin dan akan turun di urutan terbawah klasemen terakhir grup di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan demikian, Ekuador yang sebenarnya sudah memenangkan tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 juga akan dibatalkan. Mereka mereka pasti akan kehilangan tiket mereka ke Qatar akhir tahun ini, jika FIFA menjatuhkan sanksi seperti itu.

Bahkan jika tuduhan yang dilaporkan oleh Chili terbukti, bisa saja FIFA juga akan memberikan sanksi kepada federasi sepak bola Ekudor dengan sanksi lebih berat. Hukumannya mungkin tidak hanya mengurangi poin mereka di Kualifikasi Piala Dunia saja.

Namun, tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapatkan sanksi larangan tampil di Piala Dunia dalam beberapa musim ke depan. Untuk kasus ini, sanksi FIFA atas Rusia mungkin bisa dijadikan rujukan. Mereka dilarang turun di Piala Dunia dan kejuaraan di Eropa.

Selain Ekuador, dalam kasus terakhri, Iran juga dikabarkan mendapatkan ancaman serupa. Iran diketahui terancam sanksi dari FIFA setelah sebelumnya melarang 2.000 wanita menonton pertandingan melawan Lebanon di Babak Ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kasus itu mencuat karena para wanita itu disebutkan sudah membeli tiket yang sah.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: Daily Mail

Comments
Loading...