Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PDIP Pati Usulkan Siti Aisyah untuk Gantikan Noto di DPRD

PDIP Pati Usulkan Siti Aisyah untuk Gantikan Noto di DPRD
Ketua DPC PDIP Kabupaten Pati  Ali Badrudin. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pati mengusulkan Siti Aisyah sebagai pengganti Almarhum Noto Subiyanto di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Ketua DPC PDIP, Ali Badrudin mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat kepada DPP PDIP untuk proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Pati ini.

”Usulan pengganti Pak Noto Subiyanto, kami di Fraksi PDI Perjuangan sudah mengusulkan. Penggantinya Bu Siti Aisyiah sesuai regulasi dan perolehan suara,” ujar Ali yang juga Ketua DPRD Kabupaten Pati ini.

Baca: PDIP Pati Gelar Sicita dan Bagi-Bagi Hadiah

Pihaknya melayangkan surat, Kamis (9/6/2022) atau tepat 40 hari meninggalnya Noto Subiyanto. Ini dikarenakan pihaknya tidak mau terburu-buru dalam melakukan PAW.

”Kalau di PDI Perjuangan itu ada tenggang rasa atau tata kramanya. Kita, 40 hari setelah meninggalnya baru boleh bersurat ke DPP Partai. DPP Partai baru menerima,” lanjut Ali.

Ia mengaku saat ini masih menunggu surat balasan dan persetujuan dari DPP PDIP terkait PAW.

Jika sudah dapat persetujuan, usulan itu nantinya dilayangkan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai dasar untuk menghentikan dan mengangkat anggota DPRD Kabupaten Pati.

”Suratnya sudah kami kirim. Kami menunggu surat dari DPP (PDIP). Nanti Partai bersurat kepada Pimpinan DPRD. Pimpinan DPRD menyampakan ke Gubernur. Gubernur melakukan pengehentian dan melakukan pengangkatan. Lalu kembali ke DPRD dan dijawalkan Rapat Paripurna PAW,” tandas dia.

Diketahui, Noto Subiyanto meninggal, Minggu (1/5/2022) lalu. Noto yang menjabat sebagai sekretaris Komisi D DPRD Pati masa jabatan 2019–2024 ini meninggal di Rumah Sakit KSH Pati karena mengidap penyakit kelenjar getah bening.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...