Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hingga 10 Juni, Sembilan Calhaj Embarkasi Solo Dipulangkan

Para jemaah calon haji saat  tiba di Asrama Donohudan, Boyolali. (Detik.com/Jarmaji)

MURIANEWS, Solo — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mencatat hingga 10 Juni hari ini, ada sembilan calon haji (calhaj) yang dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan. Kesembilan calhaj tersebut memiliki alasan berbeda mulai dari diabetes hingga hamil muda.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin mengungkapkan kesembilan jemaah calhaj itu dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan sesuai rekomendasi tidak layak terbang ke Tanah Suci yang diberikan dari bidang kesehatan.

”Kesembilan jemaah kami pulangkan karena sakit stroke, diabetes melistus hingga demensia (penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir). Juga, ada calhaj yang kami pulangkan karena kondisinya hamil,” ujar Sarip seperti dikutip Solopos.com.

Ia menjelaskan, kesembilan calhaj tersebut saat ini diminta untuk melakukan pengobatan rutin. Jika dinyatakan sembuh dan lolos sekrining mereka bisa melakukan ibadah haji tahun depan.

”Jadi semua kami screening terlebih dahulu. Keputusan memulangkan sembilan calhaj merupakan rekomendasi dari bidang kesehatan yang mengeluarkan keputusan tidak layak terbang. Mudah-mudahan tahun depan bisa sembuh dan bisa mengikuti ibadah haji,” tuturnya.

Sementara itu, dari data yang ada, hingga hari ini, Jumat (10/6/2022), total ada 3.952 jemaah calhaj sudah berkumpul di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di sisi lain, sebanyak 3.218 jemaah calhaj sudah sampai Arab Saudi.

Rencananya, ada 15.305 jemaah calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 jemaah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 jemaah, dan 172 petugas kloter jemaah haji. Mereka akan berada di 39 kloter dari Jawa Tengah dan 4 kloter dari DIY.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), ada total 100.051 jemaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2022 atau 1443 H. Dengan rincian 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 haji khusus.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...