Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Beli Kerbau di Kudus Ini Bisa Ditukar Kalau Terpapar PMK

Deretan kerbau yang terdapat di kandang milik Muhammad Sodri di Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Salah seorang penjual Kerbau di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjamin ternak yang dijualnya sehat dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Bahkan kerbau itu boleh ditukar jika kedapatan terpapar PMK.

Ia adalah Muhammad Sodri, salah seorang penjual Kerbau asal RT 05, RW 01, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ia memperbolehkan pembeli menukar hewan ternak kerbau yang dibeli di tempatnya jika terpapar PMK.

”Kalau ada pembeli kerbau di tempat saya, dan ternyata terpapar PMK bisa ditukar. Dengan catatan kerbaunya sudah dibeli dan posisinya masih dititipkan di sini. Kalau kerbaunya sudah sampai rumah pembeli ya tidak bisa ditukar,” katanya, Jumat (10/6/2022).

Dia mengaku mengambil kebijakan itu agar pembeli tidak dirugikan akibat wabah PMK itu. Hal itu sebagai bentuk tanggungjawab darinya selaku penjual.

”Jadi boleh ditukar kalau memang terpapar PMK. Saya tukar dengan harga dan berat badan yang sama. Demi kepuasan pembeli,” ujarnya.

Baca: PMK Bikin Penjual Kerbau di Kudus Lesu

Dia menjelaskan kepada beragam rangkaian menjaga kesehatan kerbau di tempatnya. Di mulai saat kerbau datang dari luar kota hingga sampai masuk ke kandang.

Saat kerbau datang dari luar kota, kemudian kerbau diturunkan dari mobil. Saat itu Sodri langsung memberikan disinfektan ke kerbaunya.

”Saya karantina dahulu, tidak langsung saya campur dengan ternak yang lama,” ujarnya.

Baca: PMK Makin Tinggi, Pasokan Hewan Kurban di Jateng Dipastikan Aman

Proses karantinanya, pihaknya biasa melakukan selama sepekan. Setelah itu, kerbau yang baru datang itu juga diberi vitamin.

”Kalau sudah saya karantina selama satu pekan, baru saya campur dengan kerbau lama yang sudah ada di kandang,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...