Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Plang Khilafatul Muslimin di Jepara Diamankan, Ini Alasannya

Plang Khilafatul Muslimin di Jepara Diamankan, Ini Alasannya
Aparat mencabut plang Khilafatul Muslimin di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong Jepara. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Aparat kepolisian dan TNI mencabut papan nama atau plang kelompok Khilafatul Muslimin Ummul Quro Jepara di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Kamis (9/6/2022). Pencabutan itu dilakukan karena organisasi Khilafatul Muslimin dinilai bertentangan dengan ideologi negara, Pancasila.

Kapolres Jepara AKBP Warsono, saat ditemuu di Pantai Teluk Awur, Jepara, Jumat (10/9/2022) membenarkan alasan pencabutan itu.

”Plang yang ada di daerah Desa Kuanyar (Kecamatan Mayong, red) sudah kita amankan. Ini agak bertentangan dengan ideologi Pancasila ya, itulah yang menjadi dasar (pencabutan plang, red),” jelas dia.

Baca: Plang Khilafatul Muslimin di Mayong Jepara Dicabut Aparat

Pencabutan itu juga sesuai dengan adanya penangkapan sejumlah jamaah Khilafatul Muslimin di berbagai daerah di Indonesia yang ditangkap aparat. Selain itu, ada laporan masyarakat yang merasa resah dengan keberadaan kelompok itu.

Terkait dengan lokasi perkumpulan kelompok Khilafatul Muslimin, Warsono sudah melakukan penutupan. Kemudian, dirinya kini juga melakukan pendalaman dan klarifikasi.

Diketahui, plang tersebut berada di halaman rumah Murtadho, di RT 3/RW 4 Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong. Lelaki 63 tahun itu menjadi sesepuh Khilafatul Muslimin di Jepara.

Saat ditemui Murianews, Murtadho tak mempersoalkan bila plang tersebut dicabut. Dirinya beralasan, saat ini di Kabupaten Jepara terjadi kekosongan amir (ketua) Ummul Quro. Sementara ini, amir untuk wilayah Jepara, Kudus dan Pati dipimpin jamaah yang tinggal di Kabupaten Kudus. Sedangkan, untuk Desa Kuanyar sendiri, kini menjadi kemas’ulan atau kepengurusan tingkat desa.

”Kalau mau dicopot ya, copot saja. Nanti kami konsultasi dengan (jajaran, red) di atas kami, yaitu di tingkat wilayah,” kata Murtadho, Kamis (10/6/2022).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...