Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil Listrik MINI Electric Hadir di Indonesia, Harganya Hampir Rp 1 Miliar

Mobil Listrik MINI Electric Hadir di Indonesia, Harganya Hampir Rp 1 Miliar
Foto: Mobil listrik MINI Electric (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

MURIANEWS, Kudus – Kehadiran mobil listrik di Indonesia tampaknya mendapat respon positif. Indikasinya, makin banyaknya orang yang tertarik bahkan sudah membeli mobil listrik ini.

Peluang yang besar ini menjadikan banyak mobil listrik baru yang hadir di Indonesia. Terbaru, MINI Indonesia meluncurkan mobil listrik Mini Electric.

Mengutip dari Solopos.com, merek ikonik di bawah BMW Group ini merupakan mobil listrik premium kompak pertama di Indonesia. Mini Electric dibanderol dengan harga mulai Rp 945 juta.

Baca juga: Wuling Kenalkan Mobil Listrik Wuling Mini EV, Segera Mengaspal di Indonesia

“MINI Electric merupakan kendaraan premium full listrik pertama di segmennya,” kata President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan pada peluncuran di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Mobil listrik ini punya dua varian, yaitu MINI Electric dan MINI Electric Collection.

Head of MINI Asia Kidd Yam menjelaskan bahwa Mini Electric memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

Motor listrik 135 kW/184 hp yang disematkan pada bagian bawah memberikan pusat gravitasi ekstra rendah. Efeknya meningkatkan stabilitas dan pengendalian.

Penyaluran tenaga yang spontan dari motor listrik membuat mobil listrik ini melaju dari 0 – 100 km per jam dalam waktu 7,3 detik tanpa jeda dan gangguan perpindahan gigi.

“MINI Electric merupakan sebuah representasi sempurna dari berkendara go-kart khas MINI dengan sentuhan Sustainability dan menjawab kebutuhan kaum urban muda modern,” jelasnya.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus yang memberikan energi sebesar 28,9 kWh dalam kapasitas bersih.

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang luar biasa dari MINI Electric.

Volume bagasi MINI Electric adalah 211 liter yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat ke bawah.

Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan. Hal tersebut untuk memastikan ground clearance yang relevan untuk baterai tegangan tinggi yang dipasang di dasar kendaraan. Bodi MINI Electric diposisikan sekitar 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional.

Daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor. Sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...