Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Tur Wisata ke Luar Negeri yang Perlu Diketahui

Ini Kelebihan dan Kekurangan Tur Wisata ke Luar Negeri yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi wisata ke luar negeri (Gambar oleh TravelCoffeeBook dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Wisata ke luar negeri sejauh ini masih didambakan banyak orang. Meski demikian, keinginan untuk jalan-jalan ke manca negara ini terbentur biaya.

Ya, saat bepergian ke luar negeri, memang butuh biaya yang tidak sedikit. Seperti untuk mengurus paspor dan visa, tiket, penginapan dan lainnya.

Dilansir dari Detik.com, ternyata ada cara mempermudah persiapan dan menekan pengeluaran biaya untuk berwisata ke luar neger. Yakni, mengikuti tur bersama grup.

Baca juga: Kali Biru Genyem Papua, Destinasi Wisata di Bumi Cenderawasih yang Bikin Decak Kagum Wisatawan

Berlibur dengan paket wisata atau tur bersama grup adalah hal yang umum dan sejak lama sudah dilakukan. Bagi calon wisatawan yang belum tahu, ternyata mengikuti tur wisata memiliki banyak keuntungan lho.

Benefit dari mengikuti tur wisata tentu dari segi biaya. Saat mengikuti tur, biaya-biaya yang dikeluarkan dibagi secara merata sejumlah peserta tur.

Sebagai contoh untuk biaya transportasi di tempat tujuan. Kemudian untuk biaya hotel serta tiket masuk lokasi wisata juga jadi lebih terjangkau karena paket khusus untuk grup.

Kedua, dengan mengikuti tur, wisatawan tentu mendapat kepastian perjalanan. Selain itu, ketika tergabung dalam tur, akan ada tour leader yang menemani.

Adanya keuntungan itu akan membuat perjalanan wisata jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan tour leader tentu telah mengenal wilayah dengan baik. Risiko adanya kemungkinan tersesat juga akan kecil karena telah ditentukan rute wisatanya.

Kemudian peserta juga akan mendapat informasi lebih lengkap ketika bersama tour guide. Selain itu dengan mengikuti tur wisata akan mendapat jadwal yang terencana sehingga waktu berlibur dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Tapi kalau mau lebih hemat, lebih terarah, lebih teratur, tidak mau cape, ada yg mengatur, ada tour leader yang nemenin, tour guide yang bisa kasih penjelasan, ikut tur pilihan paling oke,” ujar Eron Christian, Manager Product and Pricing dari AntaVaya.

Meski banyak keunggulannya, mengikuti tur wisata menyisakan satu kekurangan. Kekurangan saat ikut tur wisata adalah waktu yang terbatas karena harus mematuhi jadwal wisata yang sudah ditentukan.

Dengan banyaknya kegiatan yang sudah terjadwal, maka waktu untuk menikmati setiap destinasi wisata menjadi sangat terbatas. Namun, hal ini juga yang menjadikan berlibur bersama grup tur dapat meng-cover lebih banyak destinasi.

Keunggulan dan kekurangan dari berlibur bersama grup tur sudah disebutkan. Anda bisa menentukan pilihan yang paling sesuai. Berlibur dengan lebih murah dan terarah bersama grup tur, atau berwisata sendiri demi waktu yang lebih leluasa, namun dengan harga yang berbeda.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...