Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Segera Ganti Baru jika Tutup Pentil Ban Motor Hilang, Ini Alasannya

Segera Ganti Baru jika Tutup Pentil Ban Motor Hilang, Ini Alasannya
Foto: Tutup pentil ban (Gambar oleh Christian Schulz dari Pixabay)

MURIANEWS. Kudus – Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Sebab, tanpa adanya ban maka sepeda motor sudah dipastikan tidak bisa digunakan.

Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan. Misalnya, ban kempis, bocor atau bahkan meletus.

Pada ban motor, terdapat satu komponen penting yang dinamakan pentil ban. Pentil ban merupakan sebuah katup yang digunakan untuk memasukkan gas atau angin ke dalam karet ban.

Baca juga: Pentil Ban Motor, Benda Kecil Ini Ternyata Punya Fungsi Krusial lho

Untuk melindungi pentil ban, biasanya ada penutupnya. Meski kecil, benda yang satu ini ternyata memiliki fungsi yang sangat krusial, lho!

Namun, keberadaan tutup pentil ini sering disepelekan pemilik motor. Indikasinya, banyak pentil ban motor yang dibiarkan tanpa dilengkapi tutup.

Melansir dari Wahanahonda, penutup lubang angin pada ban ini dikenal dengan sebutan valve cap. Seperti yang sudah disebutkan di atas, valve cap berfungsi untuk penutup dan sebagai pelindung bagian dalam lubang angin pada ban motor maupun mobil.

Pada pentil ban ada beberapa komponen kecil seperti sil barbahan karet, penonjok dan per. Komponen-komponen tersebut dilindungi agar tidak terkena air, debu maupun batu.

Bagian penonjok di tengah pentil cukup sensitif, jika ditekan angin pada ban akan keluar. Itu merupakan salah satu fungsi dari valve cap agar angin pada ban tidak tiba-tiba keluar karena tekanan dari luar

Bagian seal pada pentil juga berfungsi menahan agar udara tetap di dalam ban. Selain itu dengan memasang valve cap, ban akan terhindar dari masuknya air ke dalam ban.

Meski terlihat sepele, valve cap atau tutup pentil ini memiliki fungsi yang penting. Oleh karenanya jangan dibiarkan saat tutup pentil hilang, sebaiknya segera beli baru, harganya pun tidak mahal, tidak sampai Rp 5 ribu per biji.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: wahanahonda.com

Comments
Loading...