Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Rusak dalam Kondisi Darurat

Ini Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Rusak dalam Kondisi Darurat
Foto: Ilustrasi rem tangan (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Rem tangan adalah salah satu komponen penting dalam mobil. Rem tangan merupakan sistem pengereman pada mobil yang berfungsi untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan agar mudah dikendalikan.

Rem tangan biasanya sering digunakan pada saat melintas di tanjakan atau turunan. Selain itu penggunaan rem tangan juga dilakukan pada waktu parkir kendaraan.

Saat berkendara, ada kalanya terjadi gangguan pada rem tangan. Misalnya, rem tangan tiba-tiba tidak bisa berfungsi normal atau rusak.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil dengan Benar yang Perlu Diketahui

Jika kondisi ini ada di jalanan yang ramai barangkali tidak masalah. Namun, jika terjadi pada jalan yang sepi atau jauh dari bengkel maka tentu akan jadi persoalan tersendiri.

Jika mengalami hal ini maka tidak perlu panik. Berikut cara mengatasi rem rusak dalam kondisi darurat, seperti dilansir dari laman Auto2000, Kamis (9/6/2022).

Melumasi Kabel Rem Tangan

Cara pertama memperbaiki rem tangan mobil adalah dengan melumasi bagian kabel-kabelnya. Saat melumasinya dapat menggunakan oli atau minyak, lalu pindah posisi rem tangan secara bertahap supaya seluruh komponen dapat terlumasi sescara merata.

Gunakan Rem Pedal

Saat cara pertama tidak dapat digunakan, pemobil dapat memanfaatkan rem pedal dahulu. Caranya dengan mengendarai mobil pada kecepatan sedang. Pada situasi ini, usahakan menjaga kecepatan sedang untuk menghindari kecelakaan.

Membawa ke Bengkel Terdekat

Setelah dapat mengendarai mobil berbekal rem pedal, solusi selanjutnya bawa kendaraan ke bengkel terdekat. Ini bertujuan agar kendaraan segera diatasi oleh pihak bengkel tanpa harus membongkar mobil secara mandiri. Selain itu, rem tangan mobil yang rusak butuh perbaikan langsung dari teknisi ahli. Karena jika salah sedikit dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan justru harus membeli komponen baru.

Ciri-Ciri Rem Tangan Mobil yang Bermasalah

Sebelum berkendara ke daerah yang membutuhkan kinerja rem tangan seperti pegunungan, sebaiknya pengendara memeriksa mobil terlebih dahulu. Ini berguna untuk mendeteksi apakah rem tangan masih dalam keadaan normal atau tidak.

Saat melakukan pengecekan, pemilik mobil dapat merasakan saat menarik tuas rem tangan apakah terasa lebih berat dari biasanya atau tidak. Jika tarikan terasa lebih berat, maka ada indikasi rem tangan mobil bermasalah.

Selain berdasar dari tarikan, pemobil dapat mendengarnya dari suara yang dihasilkan. Jika ada suara klik, maka rem tangan mobil dalam keadaan baik.

Lantas apa penyebab rem tangan mobil bermasalah?

Pemakaian terlalu lama yang menyebabkan setelan brake shoe terus mengalami penurunan merupakan penyebab utama rem tangan bermasalah. Saat sudah seperti itu, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyetel ulang rem tangan mobil.

Saat menyetel ulang rem mobil tidak boleh sembarangan untuk menghindari adanya kerusakan komponen pada mobil. Oleh karenanya disarankan untuk melakukannya di bengkel.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...