Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Safira Dwi Meilani, Jalani Rangkaian Tes di Pelatnas Sebelum Turun di Kejuaraan Silat Dunia

Safira Dwi Meliani
Atlet pencak silat asal Kudus, Safira Dwi Meilani. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Atlet pencak silat asal Kudus, Safira Dwi Meilani bakal menjalani serangkaian tes di Pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Rangkaian tes bakal dimulai besok, Jumat (10/6/2022).

Sebelum terjun di 19th World Pencak Silat Championship 2022, Malaysia, Safira akan menjalani beberapa seleksi. Tes pertama yang akan dihadapi Safira di Pelatnas adalah tes kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan tes fisik pada Sabtu (11/6/2022).

Tidak berhenti di situ, Safira juga akan mengikuti paparan pertandingan terbaru cabang olahraga pencak silat pada Minggu (12/6/2022). Kemudian berlanjut pada hari Senin (13/6/2022) diisi dengan latihan rutin pagi dan sore.

Berlanjut pada Selasa (14/6/2022) perempuan asli Kudus itu akan ada agenda pemaparan kondisi tim. Setelahnya, pada 17 Juni 2022 sampai 19 Juni 2022 akan dilanjutkan kegiatan sparing antar atlet. Rangkaian kegiatan ditutup pada 20 Juni 2022 sekaligus pengumuman penentuan tim inti kejuaraan dunia 2022.

BACA JUGA: Atlet Pencak Silat Kudus Dipanggil TC Pelatnas Persiapan Kejuaraan Pencak Silat Dunia

“Persiapan saya saat ini menjaga kebugaran saja jelang mengikuti rangkaian tes di Pelatnas. Untuk tes fisik saya rasa tidak ada masalah karena sudah latihan juga di Pelatda (Pemusatan latihan daerah, red) beberapa pekan lalu,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Di Kejuaraan Dunia tersebut, menurutnya akan diikuti negara-negara Asia Tenggara. Selain itu ada negara lain seperti India, Amerika, dan negara lainnya.

Soal target di Kejuaraan Dunia dia mengaku memasang target medali emas. Bahkan untuk mewujudkan target tersebut dia sudah memantau berbagai video atlet pencak silat dari tiga negara.

“Sudah menonton video atlet dari Vietnam, Singapura, dan Malaysia,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengcab IPSI) Kudus, Muhammad Nur Hasyim mengaku optimistis atletnya dapat mengikuti rangkaian tes di Pelatnas. Menurutnya, anak asuhnya itu tidak akan kesulitan.

“Karena Safira sudah sering ikut Pelatnas. Seperti saat mengikuti ajang
South-East Asia (SEA) Pencak Silat Championships Singapura beberapa bulan lalu,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Hasyim juga optimistis Safira mampu meraih medali emas di 19th World Pencak Silat Championship 2022, Malaysia. Dia berharap Safira sukses mengikuti Pelatnas dan terpilih menjadi bagian dari skuad Indonesia.

“Harapan saya Safira dapat menjaga kesehatan. Selain itu bisa mengaplikasikan rangkaian latihan di Pelatnas untuk diterapkan di Kejuaraan Dunia,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...