Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO KAMPUS

Pemanfaatan Medsos Penting untuk Memperluas Jangkauan Promosi Produk UMKM

Pemanfaatan Medsos untuk Memmperluas Jangkauan Peromosi Produk UMKM
Deka Hendratmanto mengimbau pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. (Murianews/Tangkapan Layar)

MURIANEWS, Yogyakarta – Situasi pandemi Covid-19 yang berjalan dua tahun lebih, menjadi pukulan berat bagi para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Apalagi bagi pelaku usaha dengan sistem pemasaran konvensional.

Namun dengan adanya media sosial (medsos), pelaku usaha sedikit lebih terbantu untuk memasarkan produk yang dimiliki. Mereka dapat secara intens menggunakan medsos untuk lebih gencar melakukan promosi secara online.

Hal itu disampaikan Direktur Murianews.com Deka Hendratmanto saat mengisi webinar ”Pemanfaatan Media Sosial untuk Menciptakan Customer Engagement pada Produk Usaha” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (Himamikom) FISIP UPN Veteran Yogyakarta, Kamis (9/6/2022).

Deka mengatakan, pandemi Covid-19 memang jadi pukulan yang luar biasa bagi pelaku usaha. Tetapi bagi mereka yang mampu berinovasi, justru dapat bangkit.

Salah satunya dengan menggunakan medsos. Dengan bermain medsos, pelaku UMKM bisa mempromosikan produknya secara lebih luas dan menjangkau lebih banyak orang.

Wakil Ketua Kadin Kudus ini menambahkan, promosi melalui medsos harus dibarengi dengan pengetahuan tentang segmentasi pasar dan inovasi produk. Banyak pelaku UMKM yang justru bangkit di masa pandemi lantaran mereka pintar memanfaatkan medsos.

Dirinya pun mencontohkan, di Kudus ada UMKM yang mampu bangkit dari pandemi lantaran memanfaatkan medsos dan selalu berinovasi. UMKM tersebut di antaranya Juragan Jipang yang memasarkan produk olahan hasil bumi dan Shalia Hijab yang menjual produk gamis dan kerudung.

Dua UMKM itu, kata Deka, telah berhasil bangkit di masa pandemi dengan menentukan segmen pasar tertentu. Masing-masing sudah mempunyai target pasar yang kemudian menjadi sasaran penjualan. Selanjutnya, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mereka membuat akun di medsos sehingga bisa diakses oleh siapa saja.

Baca: Wapres Ma’ruf Amin Ajak UMKM Jeli Melihat Peluang Pasar

Namun, penggunaan medsos bukanlah satu-satunya faktor yang bisa meningkatkan omzet penjualan. Medsos hanya membantu memperluas jangkauan konsumen. Namun juga ada risiko yang harus dihadapi pada saat melakukan pemasaran melalui medsos ini.

“Pelanggan yang puas akan terus membeli, sedangkan pelanggan yang tidak puas akan berhenti membeli produk dan cenderung menyebarkan berita di antara teman-teman mereka. Jadi penggunaan medsos juga harus hati-hati,” tambahnya.

Baca: Menyongsong Kebangkitan UMKM

Ia memberikan catatan bahwa tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran (target customer). Kemudian, pelaku usaha juga harus memahami bagaimana dan mengapa para konsumen itu tertarik untuk membeli. Termasuk dalam hal ini adalah memahami motivasi, kebutuhan, dan preferensi konsumen.

“Mengidentifikasi segmen pasar (segmenting) menjadi tahapan krusial agar kita dapat memilih target pasar (targeting) terhadap produk yang kita tawarkan.  Tahapan selanjutnya adalah menciptakan diferensiasi produk (differentiating) dan mengambil posisi (positioning) pasar dengan tepat,” tegasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

 

Catatan Redaksi: Artikel ini telah mengalami penyuntingan ulang pada judul, keterangan foto, dan isi demi peningkatan kualitas berita.

Comments
Loading...