Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Blora Punya Rumah Restorative Justice

Blora Punya Rumah Restorative Justice
Louncing Rumah Restorative Justice Jayantaka di Blora. (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Kabupaten Blora kini memiliki rumah restorative justice atau keadilan restoratif. Rumah tersebut telah diluncurkan Kejaksaan Negeri Blora dan Pemkab Blora.

Pendirian rumah restorative justice bertujuan untuk mengurangi tingginya kerawanan kriminal umum di Kabupaten Blora. Rumah restorative justice itu diberi nama Jayantaka.

Bupati Blora Arief Rohman menandai peluncurannya dengan pemukulan gong dan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kepala Kejaksaan Negeri Blora Ichwan Effendi.

Baca: Kampung Restorative Justice Pertama di Pati Dibentuk

Kegiatan peluncuran itu dilakukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (9/6/2022) dan dihadiri sejumlah pejabat Forkompinda Kabupaten Blora.

Kepala Kejaksaan Negeri Blora Ichwan Effendi mengatakan dibentuknya Rumah Restorative Justice Jayantaka bertujuan untuk merestorasi persoalan tindak pidana di masyarakat.

“RJ (Restorative Justice, red) ini diharapkan bisa mengembalikan masyarakat untuk berdamai, sehingga dengan damai secara ikhlas bisa terjadi kerukunan. Dan, mereka bisa hidup rukun kembali tanpa ada minder,” ucapnya.

Dijelaskan, rumah restorative justice nantinya menjadi solusi untuk menyelesaikan perkara hukum, terutama tindap pidana umum ringan (tipiring). Penyelesaian hukum itu dilakukan tanpa harus melalui pengadilan.

“Setelah adanya rumah RJ ini diharapkan permasalahan bisa diselesaikan di tempat masing-masing. Kami juga berharap setelah dilaunching ini nantinya di masing-masing kecamatan bisa dibentuk satgas untuk menampung permasalahan yang ada,” harap Ichwan.

Bupati Arief Rohman mengatakan, program rumah restorative justice diharap memberikan manfaat dalam penegakan hukum. Di samping itu juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat pada hukum.

“Saya minta Pemerintah Kecamatan hingga desa dan kelurahan juga melaunching program ini. Mari bersama-sama mengawal program ini untuk menciptakan menciptakan situasi yang kondusifitas di wilayah Blora ini,” tuturnya.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...