Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dewan Kudus Sepakat Usulan Nama Jalan Pakai Nama Tokoh

Pencanangan Jalan Habib Ja’far Al Kaff di utara Masjid Agung Kudus, beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, belum mempunyai nama secara spesifik. Muncul usulan agar jalan-jalan itu diberi nama tokoh-tokoh yang berasal dari Kota Kretek.

Kalangan DPRD Kudus pun sepakat dengan wacana ini. Ketua Komisi C DPRD Kudus, Rochim Sutopo menyebut jika tahun lalu memang sudah ada usulan dari berbagai pihak agar jalan di Kudus diberi nama tokoh-tokoh asal Kudus.

“Itu ide yang bagus. Penggunaan nama tokoh sebagai nama jalan bisa menjadi pengingat tokoh tersebut bagi warga Kudus,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Dia mengaku sering mendapatkan usulan dari bawah terkait penamaan jalan di Kota Kretek agar diubah dengan nama tokoh asal Kudus. Pihaknya menampung saran tersebut dan akan berdiskusi di forum rapat komisi.

“Akan kami bahas bersama di forum rapat komisi. Setelah itu supaya bisa di SK- kan oleh bupati,” ujarnya.

Sebelumnya dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Moh Rosyid mengusulkan agar sejumlah jalan di Kudus diberi nama dengan nama tokoh lokal. Pasalnya, nama jalan di Kudus masih terasa asing dan nihil makna. Misalnya Jalan Kudus-Purwodadi, Jalan Kudus-Jepara, dan Jalan Conge Ngembalrejo.

Moh Rosyid menambahkan, perihal pemilihan tokoh yang akan digunakan namanya untuk jalan juga harus didiskusikan dengan matang. Hal itu dirasa perlu agar tidak menimbulkan persoalan baru.

“Misalnya latar belakang tokohnya yang mau dijadikan nama jalan. Kemudian dari segi sejarahnya seperti apa,” sambungnya.

Baca: Nama Habib Ja’far Alkaff Dijadikan Nama Jalan di Sebelah Masjid Agung Kudus

Sebelumnya nama salah satu tokok Islam dari Kudus yakni Habib Ja’far Alkaff juga telah diabadikan sebagai nama jalan di Kudus.

Jalan di sebelah utara Masjid Agung Kudus, akan berubah nama. Jalan yang semula bernama Jalan Masjid itu kini berubah menjadi Jalan Habib Ja’far Al Kaff. Pencanangan dan sosialiasi perubahan nama jalan ini mulai dilakukan Pemkab Kudus, bertepatan dengan HUT ke-472 Kota Kudus, Kamis (23/9/2021).

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...