Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jalan ’Tak Bernama’ di Kudus Diusulkan Diberi Nama Tokoh Kudus

Ilustrasi: Kendaraan melintas di gerbang Kudus Kota Kretek. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah masih ada yang belum bernama. Dosen Institut Agama Islam negeri (IAIN) Kudus, Moh Rosyid berpendapat agar beberapa jalan di Kudus yang belum bernama diberi nama tokoh asal Kudus.

Moh Rosyid berpendapat, nama jalan di Kudus masih terasa asing dan nihil makna. Misalnya Jalan Kudus-Purwodadi, Jalan Kudus-Jepara, dan Jalan Conge Ngembalrejo.

“Jalan di sekitar kampus IAIN Kudus itu diberi nama Jalan Conge. Aneh namanya, kenapa tidak diubah dengan tokoh atau nama pimpinan IAIN Kudus yang sudah wafat,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Menurutnya, pemberian nama tokoh sebagai nama jalan sebagai penghormatan. Selain itu agar orang lebih mengenal siapa sosok di balik nama jalan itu. Dia juga menyarankan penamaan jalan di Kota Kretek dengan nama tokoh-tokoh ulama Kudus.

“Pertimbangannya supaya dikenang sepanjang masa oleh generasi penerus. Pemberian nama jalan kan prosesnya tidak lama dan tidak menelan biaya yang besar,” ujarnya.

Baca: Ganjar Disambati Emak-Emak Buruh Rokok di Kudus soal BLT

Lebih lanjut, menurut dia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bisa segera mengambil langkah. Salah satunya dengan berunding dengan pihak keluarga.

“Pemkab Kudus bisa berunding dengan pihak keluarga dari tokoh yang sudah wafat itu untuk digunakan sebagai nama jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut dia penerbitan nama jalan di kabupaten atau kota bisa  berdasarkan beragam cara. Di antaranya melalui keputusan bupati, keputusan wali kota, keputusan gubernur maupun lewat peraturan daerah (Perda).

“Sebenarnya tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya. Selain itu juga sebagai bentuk menghormati leluhur,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...