Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat, Ini Waktu PPDB SMA/SMK Negeri di Kudus

Ilustrasi: Peserta didik dan orang tuanya melihat papan pengumuman PPDB beberapa waktu lalu. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akan segera berlangsung. Para siswa bisa segera menyiapkan berkas dan menentukan sekolah mana yang nantinya akan dipilih.

PPDB SMA/SMK di Kabupaten Kudus tersebut akan digelar secara daring serentak bersama SMA/SMK di kabupaten atau kota lain di Jawa Tengah.

Ketua PPDB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah mengatakan, PPDB SMA ataupun SMK akan dimulai pada Rabu (15/6/2022) sampai Selasa (28/6/2022).

Pada waktu yang sudah ditentukan tersebut, peserta bisa melakukan pengajuan akun, hingga verifikasi berkas. Pengajuan akun pendaftaran PPDB bisa diakses melalui website ppdb.jatengprov.go.id.

“Kemudian aktifasi akun pendaftaran atau perubahan sekolah bisa dimulai Rabu (29/6/2022) dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-23.35 WIB dan ditutup pada Jumat (1/6/2022) pukul 16.00 WIB,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Baca: Catat Tanggalnya! PPDB SD-SMP Negeri di Kudus Segera Dimulai

Kemudian setelah itu ada validasi dan evaluasi yang dilakukan pihak sekolah. Nantinya, pengumuman hasil PPDB dikeluarkan pada Senin (4/6/2022) di website yang sama.

Ia menjelaskan, teknis PPDB tahun ini masih menggunakan skema pembagian jalur yang sama. Jalur zonasi minimal 55 persen, jalur afirmasi minimal 20 persen, jalur prestasi maksimal 20 persen, dan jalur perpindahan orang tua paling banyak lima persen.

”Zonasi tahun ini dari kecamatan yang sudah ditentukan masing-masing wilayah sekolah, dihitung garis lurus dari sekolah ke rumah dengan jarak terdekat. Untuk PPDB SMK tidak menerapkan jalur seperti PPDB SMA. Tapi menggunakan sistem seleksi,” katanya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...