Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Bupati Banjarnegara Divonis Delapan Tahun Penjara

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono. (Instagram/@budhisarwono)

MURIANEWS, Semarang – Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Semarang memvonis Bupati (nonaktif) Banjarnegara Budhi Sarwono dan orang kepercayaannya, Kedy Afandi dengan hukuman delapan tahun penjara.

Vonis tersebut diberikan lantaran keduanya terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi terkait kasus korupsi pengadaan pada Dinas PUPR Banjarnegara tahun 2017-2018.

Baca: JPU KPK Minta Vonis Bupati Banjarnegara Sesuai Tuntutan

Hakim Ketua Rochmad mengatakan keduanya terbukti melanggar pasal Pasal 12 huruf i Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi seperti dalam dakwaan pertama.

Namun, keduanya tidak terbukti melanggar Pasal 12 B UU yang sama seperti dakwaan kedua tentang gratifikasi.

”Terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan pidana korupsi secara bersama-sama di mana dalam dakwaan kesatu,” katanya saat membacakan amar putusan seperti dilansir dari Detik.com, Kamis (9/6/2022).

Baca: Bupati Banjarnegara Dituntut 12 Tahun Penjara dan Ganti Kerugian Negara Rp 26 M

Atas dasar itu, majelis hakim menjatuhkan vonis delapan tahun penjara dan denda Rp 700 juta kepada masing-masing terdakwa.

”Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Budhi Sarwono dan Kedy Afandi masing-masing selama 8 tahun dan denda masing-masing Rp 700 juta apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan masing-masing 6 bulan,” tegasnya.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut 12 tahun penjara untuk Budhi dan 11 tahun untuk Kedy.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...