Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kantor Khilafatul Muslimin Solo Didatangi Kapolresta, Lima Pengurus Diperiksa

Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, memberikan pernyataan seusai mendatangi salah satu rumah di kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Solo pada Kamis (9/6/2022) pukul 12.00 WIB. (Espos/Kurniawan)

MURIANEWS, Solo — Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mendatangi kantor Khilafatul Muslimin Kota Solo di kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Solo pada Kamis (9/6/2022) pukul 12.00 WIB.

Polresta Solo juga mencopot papan nama yang dipasang di tembok depan rumah Jalan Sawo IV Kelurahan Karangasem tersebut. Tak hanya itu, lima pengurus juga dijadwalkan untuk diperiksa terkait aktivitas kelompok tersebut di Kota Bengawan.

”Siang hari ini kami dari Polresta Solo yang saya pimpin langsung datang ke Karangasem, Laweyan. Rumah milik Bapak W. Rumah tersebut digunakan sebagai kantor Khilafatul Muslimin,” kata Kapolresta Solo seperti dikutip Solopos.com.

Dia menjelaskan alasan Polresta Solo mendatangi kantor Khilafatul Muslimin Solo dan mencopot papan nama tersebut. Salah satunya, mantan Kapolres Karanganyar itu menyebut perihal penolakan masyarakat terhadap paham Khilafatul Muslimin.

“Berangkat dari banyak perlawanan, penolakan, komplain masyarakat sekitar maupun elemen masyarakat di Solo, termasuk [organisasi masyarakat] ormas keagamaan di Solo. [Mereka] menyampaikan penolakan, keberatan, bahkan akan melawan jika Khilafatul Muslimin tetap melakukan kegiatan yang tidak berdasar pada ideologi negara Pancasila, yakni sistem khilafah,” jelas Ade.

Dia memastikan bahwa Polresta Solo akan mendalami dan menindaklanjuti hal tersebut hingga tuntas. “Kami telah menyerahkan surat panggilan klarifikasi dalam rangka penyelidikan terhadap lima orang pengurus Khilafatul Musilimin Solo. Kami minta klarifikasi, keterangan seputar aktivitas kelompok maupun organisasi Khilafatul Muslimin ini di Kota Solo,” ungkapnya.

Ade juga menyinggung langkah Polres Klaten yang tengah melakukan penyelidikan terkait aksi sejumlah orang dari kelompok Khilafatul Muslimin. Beberapa waktu lalu, sejumlah orang diduga kelompok Khilafatul Muslimin melakukan konvoi di Klaten.

“Ini juga berangkat dari perkembangan penyelidikan maupun penyidikan Polres Klaten terkait konvoi Khilafatul Muslimin beberapa waktu lalu di Klaten. Koordinasi efektif untuk mengungkap, mencari, menemukan apakah peristiwa yang terjadi merupakan tindak pidana atau bukan,” tutur dia.

Polresta Solo akan mengambil keputusan setelah menyelenggarakan gelar perkara. “Akan kami tindak lanjuti melalui gelar perkara terkait hasil penyelidikan yang dilakukan. Apakah naik ke tahap penyidikan. Akan kami update,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...