Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Ganjar Disambati Emak-Emak Buruh Rokok di Kudus soal BLT

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang dengan buruh rokok di KHIT Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Kabupaten Kudus dan mengunjungi Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Kecamatan Mejobo, Kudus, Kamis (9/6/2022).

Di sana, Ganjar melihat produksi industri rokok skala kecil yang mayoritas pekerjanya adalah para emak-emak. Ganjar mampir di Perusahaan Rokok (PR) Rajan Nabadi yang berlokasi di salah satu gedung KIHT Kudus itu.

Sesampainya di sana riuh obrolan emak-emak mulai pecah. Konsentrasi mereka buyar ketika orang nomor satu di Jawa Tengah itu mulai menyapa mereka.

Kae Pak Ganjar sing ning tipi, jebul koyo ngono uwonge (Itu Pak Ganjar yang ada di televisi, ternyata seperti itu orangnya),” kata salah satu buruh rokok emak-emak kepada temannya.

Baca: Ganjar Beri Bantuan Mesin Cetak Bungkus Rokok untuk KIHT Kudus

Ada juga, emak-emak buruh rokok yang nyeletuk bilang “cair pak cair” saat Ganjar akan berlalu di depannya.

Dikatakannya lagi maksud dia adalah pencairan BLT bagi buruh rokok yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT).

Terkait hal itu, Ganjar mengonfirmasinya kepada awak media. Dia mengatakan, Pemprov Jateng kini tengah melakukan verifikasi data penerima BLT buruh rokok.

Baca: Kabar Gembira, BLT Buruh Rokok dari Pemkab Kudus Cair Juni

Ketika semua proses telah selesai, maka akan segera disalurkan. Pihaknya pun meminta para buruh rokok untuk bersabar sedikit lagi.

“Tinggal datanya saja, nanti kalau sudah diverifikasi di pabrik-pabrik ya tinggal kita deliver saja,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Ganjar juga memberikan bantuan mesin mesin Etiket atau mesin pencetak kemasan rokok untuk dipergunakan para pelaku usaha rokok kelas III di KIHT Kabupaten Kudus.

Dia menyebut, walau dirinya bukan seorang perokok namun dia tetap mendukung para pelaku UMKM rokok untuk terus maju dan berkembang.

“Semoga ini bia menambah kebaikan usahanya, baik dari kualitas usaha hingga terjadi kenaikan skala bisnisnya,” pungkas Ganjar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...