Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diputus Ganti Rugi Rp 5,8 Miliar, Bank Mandiri Banding

Bank Mandiri Kantor Cabang Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pengadilan Negeri (PN) Kudus memvonis Bank Mandiri harus mengembalikan tabungan sebesar Rp 5,8 miliar milik Moh Rofi’i, warga Kudus, yang raib. Bank pelat merah itu pun mengajukan banding atas putusan tersebut.

Humas PN Kudus Rudi Hartoyo membenarkan bahwa Bank Mandiri telah mengajukan banding atas kasus ini.

“Bank Mandiri telah mengajukan banding pada Selasa 7 Juni 2022,” katanya, Kamis (9/6/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam proses banding, pemohon harus membuat memori banding. Kemudian harus ada pemberitahuan kepada pihak lawannya, selaku termohon banding, bahwa tergugat mengajukan banding.

“Permohonan banding dalam waktu maksimal tujug hari harus telah disampaikan kepada lawannya. Nanti juga dari penggugat atau termohon banding bisa mengajukan kontra memori,” ujarnya.

Baca: Bank Mandiri Kalah dalam Kasus Raibnya Tabungan Rp 5,8 Miliar Milik Warga Kudus

Permohonan banding tersebut, akan ditindaklanjuti oleh PN dengan mengirimkannya ke Pengadilan Tinggi maksimal 30 hari setelah proses pengajuan banding.

Dalam jangka waktu itu, berkas tersebut harus sudah dikirimkan meskipun tidak ada memori ataupun kontra banding. Berkas tersebut nantinya bisa dikirimkan melalui e-court atau online.

“Nanti yang memutuskan dari Pengadilan Tinggi yang memeriksa berkas dan bukti dari para pihak. Jika ada kebutuhan keterangan itu kewenangan hakim tinggi. Nanti jika hakim tinggi sudah selesai, akan diberitahukan di e-court dan para pihak bisa langsung mengetahui. Kira-kira waktu paling lama tiga bulan sejak berkas diterima,” ungkapnya.

Baca: Bank Mandiri Buka Suara soal Hasil Sidang Raibnya Tabungan Milik Warga Kudus

Diberitakan sebelumnya, Bank Mandiri kalah dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) atas kasus raibnya uang tabungan milik Moch Imam Rofi’i warga Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sebesar Rp 5,8 miliar.

Dalam sidang e-court putusan, Rabu (25/5/2022), Bank Mandiri sebagai tergugat dinyatakan telah melakukan perbuatan melawan hukum setelah adanya kelalaian yang mengakibatkan tabungan nasabahnya raib.

Bank Mandiri diperintahkan untuk membayar kerugian atas pembobolan rekening yang diderita penggugat.

“Menghukum tergugat (Bank Mandiri, red) untuk membayar kerugian yang diderita oleh penggugat, atas pembobolan rekening penggugat sebesar Rp 5.800.090.000,” kata Humas PN Kudus Rudi Hartoyo.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...